Tanya Dokter

  • tidak mengalami menstruasi selama 2 bulan dan kepala terasa pusing

  • Dok,saya mau bertanya. Usia saya 16 tahun 9 bulan,saya sudah 2 bulan tidak mengalami menstruasi,dan saya sering merasa pusing. Kira kira kenapa ya dok?

    Halo felisitasfriska........ Terimakasih atas pertanyaan Anda. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa menstruasi yang normal mempunyai siklus 28 hari sampai dengan 35 hari, terjadinya menstruasi 3 hari sampai dengan 7 hari, dan darah yang dikeluarka pada saat menstruasi rata - rata berjumlah 40 mililiter. Kondisi yang Anda alami kemungkinan mengarah ke gangguan siklus menstruasi yang sering disebut sebagai menstruasi yang tidak lancar. Penyebab dari timbulnya keadaan ini adalah : wanita masih dalam masa pubertas, wanita masih dalam tahun - tahun pertamanya menstruasi, stress psikologis, obesitas, penurunan berat badan yang drastis, sindrom ovarium polikistik, gangguan pada kelenjar tiroid, dll. Cobalah atasi keadaan ini terlabih dahulu dengan cara melakukan pola hidup sehat diantaranya adalah : kelola stress psikologis, jangan membuat tubuh terlalu lelah, tidur yang cukup === jangan begadang, maka makanan yang bergizi tepat waktu, minum air putih yang banyak, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan, STOP MEROKOK dan jangan minum alkohol. Jika setelah melakukan cara - cara diatas, kondisi yang Anda alami masih saja terjadi selama 3 bulan kedepan, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segeralah kunjungi Dokter Spesialis kebidanan dan KAndungan agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut. Dokter kemungkinan akan melakukan beberapa macam pemeriksaan terkait masalah ini, yang meliputi : pemeriksaan fisik === khususnya organ intim, tes darah, tes fungsi tiroid, USG khusus obsgyn, dll. Sehingga penyebab pasti dari timbulnya keadaan ini diketahui dan akhirnya pengobatan yang tepat dapat diberikan. Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya : MENSTRUASI TIDAK LANCAR Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. Jati

    felisitasfriska  felisitasfriska
    Anggota

    Saya pertama mens umur 12 taun. Jadi penalarannya harusnya sudah teratur kan dok. Dulu saya pernah tidak mens selama 6 bulan,lalu bisa mens setelah ke spesialis kebidanan dan kandungan. Kata dokter saya setres psikologis dan gejala anemia. Apa mungkin kejadian yg lalu terulang lagi dok? cara mengatasinya gimana ya dok.