Tanya Dokter

  • Hubungan antara kelelahan dengan siklus menstruasi

  •  Tari Cutez
    Anggota

    Halo dok , saya mengalami masalah dengan siklus menstruasi saya . Saya mengalami menstruasi 3 kali dalam 2 bulan , setiap 2 minggu sekali saya mengalami menstruasi selama kurang lebih 5 hari , apakah itu normal dok ? Apa mungkin karena saya terlalu kelelahan dalam bekerja , padahal alhamdulillah saya jarang mengalami nyeri saat haid .

    Halo,   Siklus mentruasi yang terjadi kurang dari 21 hari setiap siklusnya merupakan gangguan menstruasi yang paling sering terjadi. Normalnya siklus menstruasi adalah berkisar 21 - 35 hari setiap siklus dengan lama periode 2-7 hari per siklusnya. Penyebab dari siklus menstruasi yang memendek ini bisa disebabkan karena :

    1. Gangguan hormonal.
    2. Polikistik ovarii.
    3. Latihan / olahraga berlebih.
    4. Stress psikis.
    5. Penyakit radang panggul.
    6. Jaringan fibroid pada rahim.
    7. Endometriosis.
    8. Perimenopause
    9. Obat -obatan
    10. dll.
    Untuk mengatasinya maka Anda perlu melakukan pemeriksaan langsung ke dokter kandungan. Dokter akan memeriksa dengan seksama dan melakukan tes medis seperti tes darah, USG dll jika perlu. Penanganan akan disesuaikan dengan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter. Anda bisa melakukan olahraga ringan, makan gizi seimbang, istirahat cukup dan kelola stress dengan baik untuk memperbaiki siklus menstruasi Anda. Semoga membantu.   dr. Yusi