Tanya Dokter

  • penyebab telat menstruasi selama 2 minggu

  •  Alex
    Anggota

    Dok istri saya waktu itu awalnya mens pada tanggal 1 oktober kurang lebih selama seminggu. Lalu mens berikutnya dengan hari pertamanya pada tanggal 26 oktober cukup deras, tapi tanggal 27 dan 28 tidak sederas hari pertamanya (26 okt). Lalu pada tanggal 28 oktober kami melakukan hubungan intim, tapi saya keluarkan di luar. Yang mau saya tanya, kenapa setelah kami berhubungan intim, mens istri saya berhenti ya dok dan berlanjut lagi 3 hari setelah berhubungan intim tersebut ya dok selama 2 atau 3 hari mens lanjutannya, tapi terlihat bercak atau flek flek aja dok. Kenapa bisa seperti itu ya dok, apa karena kami melakukan hubungan intim saat istri saya sedang mens ya dok ? Dan apakah itu benar darah mens atau darah implementasi ya dok soalnya kami sebelumnya juga melakukan hubungan intim pada tanggal 13 dan 24 oktober ? Dan sekarang istri saya sudah telat mens 2 hari klw tidak salah menurut perhitungan siklus mensnya (terakhir mens tanggal 26 oktober)

    Halo,   Melakukan hubungan intim saat sedang menstruasi memang dapat menganggu keteraturan siklus menstruasi pada beberapa wanita. Ketidak teraturan tersebut bisa timbul akibat dari :

    1. Stress dan kelelahan.
    2. Gangguan hormonal.
    3. Gangguan tiroid.
    4. Perubahan berat badan ekstrem.
    5. Sindrom polikistik.
    6. KB.
    7. Dll.
    Jika Anda berhubungan intim pada tanggal 13 dan 24 Oktober sementara Anda menstruasi pada tanggal 26 Oktober maka kehamilan tidak terjadi. Darah nidasi (dimana kehamilan terjadi) umumnya hanya sedikit (berupa bercak atau flek) walau bisa bertahan beberapa hari. Jadi darah yang keluar dari vagina dengan cukup deras sesuai dengan waktu siklus menstruasi bisa dipastikan merupakan menstruasi. Keterlambatan siklus menstruasi bisa disebabkan karena :
    1. Kehamilan.
    2. Gangguan hormon.
    3. KB.
    4. Gangguan tiroid.
    5. Stress dan gangguan psikis lainnya.
    6. Kista.
    7. dll.
    Konsultasikan dengan dokter jika terjadi keterlambatan haid lebih dari 1 minggu. Atau Anda juga bisa melakukan testpack untuk menyingkirkan kemungkinan terjadinya kehamilan. Perbanyak olahraga, kelola stress, cukup istirahat dan makan seimbang. Semoga membantu.   dr. Yusi