Tanya Dokter

  • siklus menstruasi yang tidak teratur

  •  rahma177
    Anggota
    Met malem dok,umur saya 17 th dok, siklus mens saya 27 hari. Bulan november mens jatuh tgl 5, desember jatuh tgl 2, sudah seperti itu dua bulan berturut2. Bulan sebelumnya juga begitu dok, bahkan pernah siklusnya 25 hari. Apakah termasuk normal dok? karena setau saya siklus haid 28 hari.

    Hai,

    Menstruasi normalnya memiliki siklus 21 hingga 35 hari, dan berlangsung 2-7 hari. Jika masih memiliki siklus di rentang tersebut, dan tidak mengalami volume perdarahan atau nyeri yang berlebihan, maka kondisi tersebut masih dalam batas normal.

    Beberapa faktor dapat mempengaruhi menstruasi yang terjadi, misalnya:

    - gaya hidup, seperti kurang istirahat, stres, gangguan makan, olahraga berlebihan, perubahan berat badan yang drastis

    - gangguan kelenjar tiroid

    - sindrom ovarium polikistik

    Usahakan untuk tetap memiliki gaya hidup sehat. Konsumsi makanan bergizi secara teratur. Memiliki waktu istirahat yang cukup. Jika berat badan berlebih, kurangi berat badan. Hindari stres. Tidak merokok.

    Anda juga dapat periksa ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan lebih lanjut. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan termasuk tes penunjang seperti USG atau tes darah untuk mengetahui jika terdapat penyebab medis yang mendasari. Dokter akan memberikan penanganan sesuai dengan hasil pemeriksaan.

     

     

    Semoga bermanfaat,

    dr. Jessica