Tanya Dokter

  • Apakah terlambat haid perlu dikhawatirkan

  •  Mira Yalma
    Anggota

    Dok saya usia saya baru 15 thn dan 3/4 bulan ini haid saya selalu terlambat sekitar 3hari , apakah ada ini bisa disebut normal dok atau ada sesuatu yang harus dikhawatirkan dari keterlambatan haid saya ini dok .??

    Dan satu lagi dok apasih dok yang dimaksud dengan keperawanan itu . ?? Toling dijelaskan dok terima kasih .

    Halo,   Siklus menstruasi setiap wanita berbeda beda namun memiliki range normal sekitar 26- 35 hari dengan lama periode sekitar 2-7 hari setiap siklusnya. Jadi walaupun Anda telat beberapa hari jika masih termasuk dalam range normal diatas maka biasanya tidak memiliki suatu indikasi medis. Apalagi pada usia muda dimana hormon masih belum berfungsi dengan stabil maka bisa terjadi kemungkinan keterlambatan siklus menstruasi. Pada dasarnya penyebab siklus menstruasi terlambat bisa disebabkan karena beberapa indikasi medis seperti :

    1. Stress psikis.
    2. Gangguan hormonal.
    3. Olahraga berlebih.
    4. Penurunan berat badan berlebih.
    5. Diet yang buruk.
    6. Jaringan fibroid pada rahim.
    7. dll.
    Baca topik Menstruasi terlambat. Keperawanan dalam istilah medis merupakan suatu kondisi dimana seseorang belum pernah berhubungan intim dalam bentuk apapun dengan siapapun. Biasanya keperawanan diidentikkan dengan keutuhan dari selaput dara wanita / hymen. Namun berdasarkan istilah bahasa Indonesia, Keperawanan memiliki arti seorang wanita yang telah mengalami akil balik dan siap untuk menikah (ditandai dengan menstruasi pertama) dan belum pernah berhubungan intim. Baca artikel Selaput dara tanda keperawanan. Baca topik Keperawanan. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi