Tanya Dokter

  • Apakah menstruasi dengan darah kental berbahaya?

  •  lena mariam
    Anggota

    selamat malam dok..

    saya mau tanya, setiap kali mens mengeluarkan darah kental yg merah biasanya 2hari dok.. itu apa ya dok dan bahaya apa tidak?

    mohon di jawab dok. terimakasih

    lena mariam  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Lena, Menstruasi yang normal adalah menstruasi yang terjadi tiap 21-35 hari sekali dengan rerata 28 hari, berlangsung selama 3-7 hari dengan volume darah 30-40 cc. Jika menstruasi yang dialami masih dalam batasan tersebut, meskipun agak kental, sepanjang tidak ada keluhan lainnya seperti perdarahan dalam jumlah yang berlebihatau nyeri haid yang berlebih, maka hal tersebut masih normal-normal saja. beberapa tautan yang mungkin dapat membantu anda : menstruasi mewaspadai mentruasi tidak normal demikian yang daapt saya sampaikan, semoga bermanfaat ya.

    lena mariam  lena mariam
    Anggota

    apa mungkin bisa terjadi mandul dok kalau tiap mens perut rasanya sakit??

    lena mariam  dr. Rico N
    Dokter

    Rasa nyeri pada saat seorang wanita mengalami menstruasi (dismenore) dapat merupakan hal yang normal dan tidak berbahaya. Akan tetapi jika nyeri yang dirasakan sangat hebat hingga anda tidak dapat melakukan aktivitas apapun, maka hal itu perlu ditelusuri lebih lanjut. Penyebabnya antara lain : - IUD / kontrasepsi spiral - Endometriosis / pertumbuhan jaringan endometrium (lapisan dalam rahim ) di luar rahim - radang panggul, - penyempitan leher rahim - Adenomiosis - Fibroid Kelainan seperti endometriosis dapat menyebabkan penderitanya sulit hamil. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat