Tanya Dokter

  • Perut sangat sakit saat sedang dan setelah menstruasi

  • Asalamualikum. Slmat malam dok,nama saya ade umur 19 thn,aku mau tanya dok?? Knapa ya kalau lg menstruasi perut ku sakit sekali apa lagi dibagian bawah perut kiri saya itu sakit sekali dok,sampe setelah selesai haid juga masih sakit. Yang aneh nya dok,rasa sakit nya itu menyebabkn pinggul dan paha terasa pegel.susah buat tidur dok. Itu kenapa sih dok??

    Adindaa Veernicca  Don Larantuka
    Anggota

    kamu ga apa apa.. semua akan baik baik saja.. ok?

    Hai Adinda Nyeri saat menstruasi pada wanita muda dapat normal terjadi akibat dari kontraksi rahim, sempitnya leher rahim dan juga hormonal. Berat ringannya nyeri dapat berbeda antar individu. Biasanya nyeri berlangsung pada saat awal menstruasi, yaitu 1-2 hari pertama, dan berkurang seiring berkurangnya darah menstruasi yang keluar. Dengan adanya proses kontraksi rahim, dapat mengeluarkan bahan kimia yaitu prostaglandin yang memicu timbulnya rasa nyeri dan pegal pada tempat lain, dan kadang dapat disertai mual. Jika nyeri menstruasi berkepanjangan, disertai adanya gejala lain seperti siklus menstruasi yang tidak teratur, keputihan, atau jumlah menstruasi yang banyak, ada kemungkinan nyeri menstruasi disebabkan adanya gangguan pada organ kandungan seperti:

    Untuk mengetahui penyebab apakah ada kelainan pada organ kandungan, diperlukan pemeriksaan USG oleh dokter. Tim alodokter.com telah mengulas secara lengkap mengenai nyeri saat menstruasi untuk Anda, yang dapat dibaca pada artikel berikut ini: Nyeri menstruasi yang tidak tertahankan. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william