Tanya Dokter

  • Keluar darah saat berhubungan setelah menstruasi

  •  Auliya Ryzha
    Anggota

    Dok, umur saya 19 tahun sudah menikah 3 bulan yang lalu, bulan ini juni tgl 20 saya head sudah dapat seminggu haid saya selesai, dan baru dapat 2 hari saya berhubungan dengan suami saya dan tiba2 keluar darah, apakah itu darah haid? karena hampir satu minggu saya mengeluarkan darah, dan setelah darah itu berhenti saya mengeluarkan flek coklat hingga saat ini juli 10. apakah itu penyakit dan jika penyakit apakah berbahaya?

    Halo,   Gangguan menstruasi yang Anda alami bisa disebabkan karena beberapa kondisi seperti :

    1. Gangguan hormonal.
    2. kehamilan yang terganggu.
    3. Infeksi rahim
    4. Penyakit radang panggul
    5. Penggunaan IUD
    6. polip rahim
    7. Kista
    8. Tanda awal kanker servik, rahim
    9. dll.
    Perdarahan yang lama yang Anda alami ini memerlukan pemeriksaan fisik dan tes medis seperti USG, tes darah, PAP SMEAR dll jika perlu untuk mengetahui penyebab pasti keluhan Anda. Dokter Kandungan (SpOG) akan memeriksa secara seksama kondisi kesehatan organ reproduksi Anda. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan bisa diberikan kepada Anda. Baca topik Flek sesudah haid. Berolahraga teratur, makan gizi seimbang dan cukup istirahat serta relaksasi bisa membantu menjaga kesehatan tubuh Anda dan memperbaiki gangguan menstruasi Anda. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Auliya Ryzha  Auliya Ryzha
    Anggota

    Terimakasi dok atas jawaban'a, dan entah kenapa saya sering sakit di bagian bawah perut, walaupun sakit.a tidak seberapa tapi sangat mengganggu jika sedang terasa sakit. apakah itu ciri2 suatu penyakit juga?