Tanya Dokter

  • Penyebab tidak menstruasi

  •  Andy Lim
    Anggota

    met siang dok,sya mau tanya, istri sya selama itu pkai snti kan kb 3bln sekali sdah brtahun2,setelah itu sdah berhenti dari sntikan kb,trus dlam berapa blan menstruasi nya tidak ada juga,dan berjalan berapa bulan lgi baru ada menstruasi nya bru mulai lancar lgi tiap bulan sdah ada,tetapi ko bisa tiba2 menstruasi nya tidak lancar / tdak ada sama sekali lgi dtng menstruasi nya sdah tiga bulan ini dok,,,apa penyebab nya dok,,,,,,apa pengaruh dari suntikan kb bertahun2 dok,,,,,,trims,,,,,?

    Dear Andi Lim, Menstruasi umumnya berlangsung setiap 21-35 hari sekali. Oleh karena suatu hal, menstruasi dapat datang terlambat. Berikut adalah kondisi yang bisa membuat menstruasi terlambat datang:

    • ketidakseimbangan hormonal
    • penggunaan suntik KB
    • kehamilan
    • penurunan berat badan yang terlalu drastis
    • obesitas
    • olahraga berlebihan
    • stres psikologis
    • sindrom polikistik ovarii
    • gangguan tiroid
    • dsb.
    Penggunaan suntik KB 3 bulan dapat menimbulkan memiliki efek samping menstruasi tidak teratur bahkan dapat berhenti selama beberapa bulan sehingga kesuburan tidak segera pulih seperti semula. Sebaiknya konsultasikan keluhan Anda dengan dokter agar dapat dianalisis secara lebih detail riwayat gejala yang ada dan dilakukan pemeriksaan fisik yang diperlukan. Pemeriksaan dengan USG mungkin akan dokter anjurkan untuk membantu menegakkan diagnosis. Diagnosis dan terapi yang tepat akan dokter berikan. Berikut laman yang dapat Anda baca: Menstruasi tidak lancar Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Rony Wijaya

    Andy Lim  Andy Lim
    Anggota

    terimakasi dok, atas infor dan saran nya,,,,,met malam.