Tanya Dokter

  • Menstruasi Berlebihan

  • Halo dokter, saya angel 17 tahun. Sudah setahun sejak agustus lalu saya mengalami gangguan pada siklus menstruasi saya. Saya sekarang ketergantungan obat, jika saya tidak minum obat maka menstruasi saya pun tidak berhenti. Awal mula penyakitnya juni lalu saya menstruasi selama 2 bulan berturut2 dan sama sekali tidak berhenti, akhirnya saya dilarikan ke rumah sakit dan dari hasil pengecekkan darah hemogoblin saya hanya 5,6 kala itu dan harus transfusi sebanyak 4 kantong darah. Kemudian dilakukan juga USG, awalnya dokter disini mengira saya terkena miom ataupun kista tetapi hasil pengecekkan negatif. (Saya dirawat di rs pada bulan agustus tanggal 7). Kemudian bulan berikutnya saya pergi ke kuching untuk melakukan pengecekkan ke dokter kandungan juga, dan hasilnya nihil hanya diberi obat anti pendarahan. Tetapi yang jadi pertanyaan, pendarahan itu masih terjadi dan tiap bulannya saya harus di opname di rs (tanpa transfusi darah) hanya dengan obat2 untuk menaikkan HB saya. Dan akhirnya sekarang tepat sudah 6 hari sampai hari ini pendarahan saya mulai lagi sangat banyak dan tidak berhenti dan juga menimbulkan rasa sakit yang menusuk sampai kaki lemas. Besok tanggal 26 agustus saya dianjurkan untuk opname di rs karena perihal hemogoblin saya dan harus dimasukkan darah lagi. Dokter disini menganjurkan saya untuk bertemu dengan salah satu dokter hormon yang praktek di RSCM untuk memeriksa penyakit saya ini.

    Menurut dokter, apakah pendarahan seperti ini wajar pada gadis berusia 17 tahun seperti saya? Karena ini sangat mengganggu aktifitas saya sehari-hari. Terima kasih sebelumnya dok.

    Halo, Menstruasi yang normal berlangsung hanya selama 2-7 hari dan dengan siklus 24-35 hari. Melihat kondisi yang kamu alami, maka dapat dikategorikan siklus menstruasi kamu mengalami gangguan. Memang menstruasi dengan waktu yang lama dan banyak dapat menimbulkan komplikasi yang cukup berbahaya yaitu anemia. Ketika anemia dialami dalam jangka waktu yang lama, maka hal ini tentu mempengaruhi organ tubuh penting lain seperti otak, jantung, dll. Menstruasi yang berkepanjangan dapat disebabkan oleh hal-hal berikut ini :

    • Gangguan hormonal
    • Kelainan faktor pembekuan darah
    • Fibroid
    • Polip rahim
    • Gangguan pengentalan darah
    • Gangguan tiroid
    • Stress
    • Penurunan berat badan yang berlebihan
    • Dll
    Ketika semua pemeriksaan telah dilakukan oleh dokter tetapi penyebab masih belum diketahui, memang sebaiknya kamu mulai mempertimbangkan untuk menemui dokter spesialis endokrinologi. Dokter akan memeriksa kondisi hormon kamu dan memastikan apakah ternyata penyebabnya memang karena faktor hormonal atau bukan. Silahkan menyimak diskusi berikut dengan keluhan yang serupa Menstruasi terus menerus Semoga membantu, dr. Tri