Tanya Dokter

  • Sakit saat menstruasi dan cara mengatasinya

  •  Zafira Fatiha
    Anggota

    Dok. Kan saya sedang menstruasi yah dok, itu saya selalu merasakan sumilangen. Pas semalem saya ga makan2 nah pada saat itu saya tidak merasakan sumilangennya. Tetapi pas tadi pagi makan perut saya langsung merasakan sumilangennya. Butuh sarannya yah dok?

    Hallo,   Nyeri saat haid terutama nyeri yang timbul pada awal haid (hari ke 1-2 menstruasi) biasanya disebabkan kontraksi rahim yang kuat saat menstruasi ditambah saat menstruasi tubuh akan memproduksi hormon prolaktin yang akan merangsang kontraksi rahim tersebut. Hal inilah yang menimbulkan nyeri saat awal haid dan biasanya akan menghilang dengan sendirinya. Intensitas nyeri yang timbul bervariasi pada setiap orang dan ada juga yang timbul nyeri setelah hari ke 2 haid. Untuk mengurangi nyeri haid Anda bisa melakukan beberapa tips dibawah ini :

    1. Menggunakan kompres panas di perut.
    2. Mandi air hangat
    3. Menempelkan koyo pada perut
    4. Minum obat pereda nyeri yang bebas seperti paracetamol
    Jika nyeri menjadi sangat kuat sampai mengganggu aktivitas dan terjadi berulang ulang maka sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter untuk pemeriksaan lanjutan. Nyeri berlebih saat haid bisa merupakan indikasi medis akan penyakit tertentu yaitu :
    1. Endometriosis
    2. Penyakit radang panggul
    3. Adenomiosis
    4. Fibroid pada rahim
    5. dll
    Dokter akan memeriksa kondisi Anda dan melakukan pemeriksaan seperti USG jika perlu. Penanganan akan disesuaikan dengan kondisi medis yang menjadi penyebab. Baca artikel Nyeri Haid tak tertahankan di SINI.   Semoga membantu.   dr. Yusi