Tanya Dokter

  • Menstruasi istri saya yang tidak teratur

  • Kami baru menikah,bersenggama namun saya belum pernah keluar di dalam , Kami juga sudah periksa ke puskesmas dan di cek kehamilan *negatif istri saya mengalami menstruasi yang tidak teratur, hanya berhenti 4-5 hari, lalu kembali mens Terdapat bau yang tidak sedap, bersamaan dengan darah haid, di saat seharusnya dia berhenti M tetap keluar darah sedikit dan bau, Keadaan luar prima nafsu makan juga baik, Apa ada penyakit yang diderita istri saya dok,? Apakah berbahaya bersenggama saat M? Apa saran dokter?
    Maikel Jeksen Pratama  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Maikel Jeksen Pratama,

     

    Menstruasi yang normal terjadi dalam siklus 21 sampai dengan 35 hari sejak hari pertama haid terakhir dengan periode menstruasi berlangsung selama 3 sampai 5 hari. Menstruasi terjadi karena peluruhan lapisan pada dinding rahim yang tidak terjadi pembuahan. Selain itu, menstruasi normal juga tidak disertai dengan bau. Bau yang terdapat pada menstruasi merupakan bau darah karena pada menstruasi terjadi peluruhan lapisan rahim yang disertai dengan darah.

     

    Beberapa penyebab dari gangguan pada siklus menstruasi diantaranya stress yang berlebihan pada istri, PCOS, gangguan pada berat badan (misalkan pada berat badan yang terlalu kurus), gangguan pada hormon tiroid atau adanya sel tumor pada rahim. Pada umumnya tidak terdapat larangan untuk melakukan hubungan intim saat menstruasi berlangsung namun pada keadaan saat terjadinya menstruasi umumnya pasangan akan merasa tidak nyaman karena adanya darah pada liang vagina.

     

    Beberapa anjuran yang dapat istri anda lakukan pada kondisi terjadi gangguan menstruasi diantaranya dengan menghindari pemicu stress yang berlebihan, berolahraga dengan teratur, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, tidak merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol dan juga sebaiknya menjaga berat badna yang ideal.

     

    Namun apabila hal ini sudah berlangsung selama lebih dari 2 bulan, disertai dengan nyeri perut terutama bagian bawah, disertai dengan keputihan yang tidak normal (berbau, berwarna atau mengalami keluhan seperti gatal pada area kewanitaan) atau disertai dengan penurunan berat badan pada beberapa bulan terakhir sebaiknya lakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis kandungan untuk melakukan pemeriksaan fisik serta penunjang seperti USG atau pemeriksaan darah untuk mengetahui penyebab dari  kondisi yang dialami istri anda.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi