Tanya Dokter

  • Menstruasi berkepanjangan setelah berhenti kb

  •  Maya Yusita
    Anggota

    Pagi Dok, Saya ibu dua anak, umur sy 25thn. Setelah melahirkan anak kedua sy ikut kb suntik 3bln sekali. Awalnya sy merasa tidak ada yg aneh meskipun saat setelah kb sy tidak haid. Tp setelah suntik terakhir bulan feb.'15, sy mens sebulan 2x dan berat badan turun.... Akhirnya suami menyuruh untuk tidak kb. Alhamdulillah bb sy mulai naik tapi kenapa haid sy tidak jg berhenti?? Mohon penjelasannya. Trims

    Maya Yusita  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Ibu Maya, Setiap alat kontrasepsi memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Salah satu keunggulan KB 3 bulan adalah ia dapat digunakan pada ibu yang menyusui, akan tetapi kelemahannya :

    • Kesuburan kembali lambat setelah KB dihentikan, umumnya 3-12 bulan
    • Menstruasi tidak teratur, baik dari segi jumlah, ataupun lamanya, dapat menjadi sedikit dan jarang tetapi dapat pula tiba-tiba menjadi banyak dan lama
    Untuk menstruasi, kebanyakan akseptor KB 3 bulan justru tidak menstruasi hanya saja mengalami spotting / bercak perdarahan sedikit-sedikit yang random/tidak tentu selama siklus. Pada saat dihentikan KB-nya, ada yang justru tidak menstruasi atau malah menstruasinya menjadi banyak dan terus menerus/lama. Jika hal ini terjadi dalam masa 2-3 bulan pertama setelah KB dihentikan maka tidak perlu terlalu khawatir karena tubuh seringkali masih dalam masa adaptasi/penyesuaian akibat perubahan kadar hormon dalam darah (serta depo/simpanan hormon yang masih tersisa di tubuh pada lokasi suntikan tersebut). Kaan tetapi jika berkepanjangan, sebaiknya anda mengunjungi dokter untuk menjalani pemeriksaan, untuk memastikan beberapa hal seperti :
    • Apakah hal tersebut benar karena kb /perubahan hormonal saja
    • Ataukan ada penyakit lain, misalnya miom, yang menjadi penyebab hal tersebut.
    Jika tidak ditemukan kelainan dan dianggap hanya disebabkan pemakaian KB saja, maka KB dapat dihentikan, diberikan anti perdarahan dan jika perlu pemberian pil KB kominasi selama 1 siklus dapat dicoba. Perbuahan berat badan umum ditemukan pada pengguna KB 3 bulan. memilih alat kontrasepsi demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.