Tanya Dokter

  • Penyebab siklus haid tidak teratur

  • Assalamualaikum, dokter saya mau tanya, keponakan saya siklus haid nya tidak teratur, kadang satu bulan tidak haid. Lalu bulan sekarang haid , tapi haid nya lebih dari 10 hari. Darah haidnya normal warnanya dan darah yang keluarnya banyak terus sampai sekarang dok, itu gimana ya dokter gejala apa ya? Apa itu bisa jadi penyakit? Sebelumanya saya ucapkan Terima kasih atas jawaban dari dokter. Wassalamu'alaikum.

    Halo Linda Setia Permana, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Jarak antara menstruasi normalnya terjadi antara 21-35 hari, lamanya adalah 2-7 hari, dan volume darah yang keluar berkisar antara 30-80 ml. Bila keponakan anda mengalami menstruasi selama lebih dari 7 hari dan disertai juga dengan perdarahan dalam jumlah banyak, maka kemungkinan keponakan anda mengalami kondisi yang disebut dengan menorrhagia. Menorrhagia adalah perdarahan menstruasi yang jumlahnya sangat banyak atau lamanya menstruasi lebih dari 7 hari. 

    Beberapa kemungkinan penyebab menorrhagia antara lain:

    1. Siklus anovulasi atau disfungsi ovarium yaitu keadaan dimana kandung telur (ovarium) tidak melepaskan sel telur saat masa subur
    2. Mioma rahim
    3. Adanya polip pada rahim
    4. Penggunaan kontrasepsi hormonal (seperti pil KB, KB suntik, KB susuk)
    5. Penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR/IUD)
    6. Gangguan hormonal, misalnya pada kondisi obesitas (kelebihan berat badan), kelainan tiroid, resistensi insulin (diabetes), PCOS (polycystic ovary syndrome - sindrom polikistik ovarium) 
    7. Adenomiosis atau tumbuhnya jaringan endometrium pada otot dinding rahim
    8. Kanker rahim atau kanker serviks
    9. Gangguan pembekuan darah seperti gangguan trombosit (trombositopenia, trombositosis, gangguan fungsi trombosit), gangguan faktor-faktor pembekuan darah, gangguan pembuluh darah
    10. Penggunaan obat-obatan yang menyebabkan gangguan pembekuan darah seperti aspirin, warfarin, heparin
    11. Gangguan pada hati dan ginjal

     

    Kondisi menorrhagia yang dialami oleh keponakan anda bukanlah kondisi yang normal, dan bisa berbahaya bila perdarahan yang sangat banyak dan berlangsung terus menerus tersebut tidak ditangani dengan baik. Karena itulah, sebaiknya keponakan anda segera dibawa memeriksakan diri ke dokter kandungan. Dokter kandungan dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mencari tahu penyebab gangguan tersebut seperti melakukan pemeriksaan darah, faktor pembekuan darah, pemeriksaan panel tiroid, pemeriksaan kadar hormon, pemeriksaan serviks, PAP smear, USG, dan lain sebagainya. Tata laksana yang diberikan akan menyesuaikan dengan hasil temuan.

    Bawalah keponakan anda segera pergi ke dokter bila mengalami kondisi-kondisi berikut ini:

    1. Perdarahan sangat banyak hingga harus mengganti pembalut dalam waktu kurang dari 2 jam
    2. Pucat pada bibir dan bagian bawah mata
    3. Terdapat gejala pusing hingga pingsan
    4. Ujung-ujung jari teraba dingin
    5. Terdapat nyeri perut hebat
    6. Demam
    7. Terjadi keputihan yang tidak normal

     

    Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat

     

    dr. Irna Cecilia