Tanya Dokter

  • Menstruasi lebih dari 12 hari

  •  Hana Al Hamid
    Anggota

    Hallo dokter, sya Hana berusia 21 tahun Sya mau tnya nih dokter, apa normal menstruasi lebih dri 12 hari? Ini bkan yg prtama, krna dulu waktu awal pubertas sya pernah mngalami hngga 2mggu dan sring skali mngganti pmbalut Namun sejak SMA jdi normal skitar 7hari, lalu saat kuliah rata2 5hari di sertai nyeri Namun selama menstruasi panjang spt itu tdak d brengi dengan nyeri atau pun kputihan Jdi mnurut dokter apakah ini normal? Langkah apa yg harus sya ambil untuk mnangani menstruasi ini?

    Hai Hana, Menstruasi normalnya terjadi setiap 21-35 hari sekali dan berlangsung selama 3-7 hari. Menstruasi yang berlangsung hingga lebih dari 12 hari seperti yang Anda alami merupakan kondisi yang tidak normal, dan hal ini secara medis disebut sebagai menorrhagia. Berikut ini berbagai kemungkinan penyebab yang timbulnya menorrhagia:

    Bila keluhan terus berlanjut ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan agar penyebabnya dapat ditelusuri. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang jika diperlukan (seperti USG, tes darah dan sebagainya) untuk menganalisis penyebabnya sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai kondisi dasarnya. Untuk menjaga keseimbangan hormonal yang mengatur siklus menstruasi berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • Beristirahat yang cukup dan tidur cukup
    • Membatasi aktivitas yang berat dan jangan terlampau lelah
    • Menjaga berat badan ideal
    • Mengelola stres dengan bijak
    Artikel berikut ini memuat topik yang terkait: Menorrhagia Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman