Tanya Dokter

  • menstruasi lebih dari 2 minggu

  • pagi dok... baru sebulan ini saya pakai KB Implan. saya mengalami menstruasi lebih dari 2 minggu. tp yg keluar cmn sedikir-sedikit. menstruasinya disertai ke keputihan yang bening namun disertai bercak darah. area vagina saya juga terasa gatal... mohon solusinya dok. trima kasih :)

    Halo,   Menstruasi seperti flek yang berlangsung 2 minggu paska penggunaan KB implan bisa jadi merupakan efek samping dari penggunaan KB implan tersebut. Berikan tubuh Anda waktu untuk beradaptasi agar bisa menyesuaikan diri dengan penggunaan implan tersebut, namu jika flek / spotting terus berlanjut > 1 bulan maka sebaiknya Anda melakukan aff implan (melepas implan) dan menggunakan metode KB yang lain. Selain karena efek KB implan Anda, beberapa kemungkinan penyebab lain menstruasi Anda yang memanjang adalah diakibatkan :

    1. Gangguan hormonal.
    2. Jaringan fibroid pada rahim
    3. Adenomiosis
    4. Endometriosis
    5. Penggunaan KB
    6. Penyakit radang panggul
    7. dll.
    Untuk menentukan apa penyebab pasti dari keluhan Anda maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter yang memasang implan Anda. Dokter akan memeriksa secara seksama dan melakukan tes medis seperti USG, Tes lendir keputihan, tes darah dll untuk memperjelas kondisi Anda. Dengan mengetahui penyebab pasti keluhan maka pengobatan bisa diberikan. Baca topik Menstruasi memanjang. Untuk mengurangi rasa gatal pada organ intim Anda maka Anda bisa melakukan beberapa cara dibawah ini yaitu :
    1. Membersihkan organ intim dari arah depan ke belakang dan searah.
    2. Melap kering organ intim setiap habis BAB/ BAK.
    3. Menggunakan celana berbahan katun dan tidak ketat.
    4. Menggunakan produk pembersih kewanitaan secara bijak.
    5. Menggunakan pembalut yang tidak menimbulkan reaksi alergi.
    6. Mengompres dingin bagian yang terasa gatal.
    7. Minum obat pereda gatal seperti CTM.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi