Tanya Dokter

  • Penyebab menstruasi tidak teratur pasca kuretase

  •  Desitr
    Anggota
    Hallo dok. Saya awal bulan 4 kemarin di curey. 3 bulan kemudian saya tidak menstruasi. Stelah tiga bulan saya menstruasi tapi darah nya hanya sedikit seperti bercak atau flek saja. Begitu juga bulan berikut nya. Awl bilan Bulan 10 tgl 1 kemarin siklus mens nya lebih lama skitar 15 hari. Bulan ini saya belum menstruasi. Tetapi ketika saya berhubungan ad sedikit bercak darah dok. Kira2 gimana dok. Berbahaya tidak. Kemungkinan untuk hamil ada tidak dok. Trimakasih

    Hallo Desitr

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Anda perlu memahami bahwa setelah proses kuretase yang anda jalani, kembalinya kesuburan biasanya tidak langsung terjadi. Kesuburan yang ditandai dengan datangnya menstruasi yang teratur biasanya baru akan terjadi setelah beberapa minggu hingga beberapa bulan pasca kuretase, kondisi ini akan berbeda-beda pada setiap wanita. Karena pada awalnya tubuh anda disiapkan untuk kondisi kehamilan, sehingga terjadi perubahan hormonal. Meskipun kehamilan sudah tidak terjadi dan dilakukan kuretase, tentu saja hormon dalam tubuh akan membutuhkan waktu untuk kembali normal seperti sebelum hamil. Karena menstruasi belum teratur, sulit menentukan masa subur. Dimana masa subur ini merupakan waktu yang penting dan peluang terjadinya kehamilan lebih besar jika hubungan seksual dilakukan pada masa subur. Masa subur ditandai dengan haid yang kembali teratur, yang menandakan bahwa sudah terjadi ovulasi atau pelepasan sel telur (ovum) yang telah matang dan siap dibuahi oleh sperma. Namun sebaiknya jika anda dan pasangan anda menginginkan kehamilan, sebaiknya kehamilan ditunda hingga beberapa bulan (jarak setidaknya 6 bulan) setelah keguguran, selain untuk memberi waktu penyembuhan rahim, juga untuk memberi waktu agar hormon reproduksi kembali normal setelah keguguran. Peluang kehmailan tetap masih ada, namun lebih sulit karena masa subur belum bisa diperkirakan secara jelas. Untuk lebih pasti mengetahui apakah anda sedang hamil atau tidak, lebih baik jika anda melakukan uji kehamilan. Jika hasilnya negatif, anda dapat melakukan tes ulang minggu berikutnya. Tes sebaiknya dilakukan sekitar 5-6 minggu setelah anda terakhir berhubungan seksual dengan pasangan anda atau sekitar 1 minggu setelah terlambat haid (pada kasus menstruasi setiap bulan normal). Jika setelah 2-3 kali tes kehamilan hasilnya negatif, maka kemungkinan besar anda sedang tidak hamil.

    Untuk menstruasi anda yang tidak teratur tersebut bisa banyak faktor yang mempengaruhi juga selain karena dilakukannya kuretase, misalnya karena asupan nutrisi yang kurang, penurunan atau peningkatan berat badan berlebih, karena stres fisik dan psikis, atau pada banyak kasus disebabkan karena penggunaan kontrasepsi. Jika memang gangguan menstruasi yang anda alami cukup mengganggu, sebaiknya anda melakukan konsultasi pada dokter kandungan untuk mengatasi masalah ketidaklancaran menstruasi ini. Sedangkan bercak darah pada saat berhubungan seksual, hal ini bisa disebabkan karena kurangnya lubrikasi pada vagina sehingga terjadi perlukaan pada dinding vagina. Jika hanya satu kali terjadi dan perdarahan minimal, maka hal ini tidak menjadi suatu masalah yang berat. Namun jika terjadi setiap kali berhubungan seksual dan perdarahan cukup banyak, maka perlu dilakukan evaluasi oleh dokter.

     

    Semoga jawaban ini membantu.