Tanya Dokter

  • Menstruasi setelah melahirkan 8 bulan

  •  DindhaSofian
    Anggota
    Salam.. Saya sudah 8 bulan pasca melahirkan anak pertama,dan hari ini saya menstruasi padahal saya masih menyusui ASI secara intensif..apakah normal?bukankah hormon prolaktin bisa menekan hormon penyebab menstruasi?terima kasih dok..

    Hallo Ibu Dindha

    Memang benar bahwa tingginya kadar hormon prolaktin ketika ibu menyusui dapat mencegah terjadinya menstruasi dan kehamilan, namun begitu tidak jarang kadar hormon prolaktin yang diproduksi tersebut tidak cukup tinggi untuk mengah terjadinya siklus menstruasi.

    Keadaan tersebut normal, apalagi jika memang frekuensi menyusui sudah mulai jarang atau lebih sering melakukan pompa ASI dibandingkan menyusui langsung sehingga menyusui menjadi kurang rutin dan hanya pada jam-jam pompa saja. Jadi Ibu tidak perlu khawatir berlebihan apabila tiba-tiba menstruasi asalkan menstruasi tersebut tidak disertai gejala-gejala seperti berikut ini

    • Nyeri atau keram yang sangat kuat pada perut
    • Darah yang keluar sangat banyak melebihi siklus menstruasinya
    • Menstruasi yang dialami disertai bau-bau tidak sedap
    • Adanya rasa gatal atau perih pada area kelamin


    Jika ada gejala-gejala tersebut maka diharapkan Ibu segera memeriksakan diri ke dokter secara langsung untuk mengetahui sumber masalah penyebab gejala-gejala tersebut.

    Beberapa saran untuk Ibu lakukan adalah, melakukan KB untuk mencegah terjadinya kehamilan apabila memang dalam waktu dekat ini tidak ingin mendapatkan momongan dan juga menjaga kebersihan area kelamin, menghindari menggunakan celana yang ketat, keringkan area kelamin dan selangkangan ketika habis mandi/bab/bak sebelum memakai kembalai celana dalam.

    Artikel terkait untuk disimak Benarkah Menyusui Dapat Mencegah Kehamilan?

    Semoga bermanfaat

    dr. Arnold