Tanya Dokter

  • Menstruasi Sehari

  •  Gaby Ganesha
    Anggota
    Selamat pagi dok. Kemarin sore saya mengalami seperti haid saat sedang berhubungan, namun hanya sehari. Dan pagi ini tidak keluar darah sebanyak kemarin, hanya sekedar flek+keputihan seperti biasa. Histori hubungan badan terakhir saya adalah 30 Oktober dan 2 November, serta hari kemarin. Bagaimana ya dok?

    Salam,

    Dari info yang Anda sampaikan, perlu diketahui masa siklus haid Anda. Bila masa haid Anda seharusnya pertengahan bulan ini, maka keluhan yang Anda alami perlu dievaluasi sampai siklus haid teradi pada tanggal yang seharusnya.

    Bila masa haid Anda akhir bulan atau awal bulan, keluhan yang Anda alami kemungkinan merupakan sisa darah haid sebelumnya.

    Oleh karena itu, secara umum, menunggu masa haid berikutnya merupakan langkah awal yang dapat kita lakukan. BIla masa haid selanjutnya terlambat, maka satu atau dua minggu setelah haid terlambat, Anda dapat melakukan pemeriksaan tes kehamilan. Bila hasil negatif, maka keluhan pendarahan atau flek ini kemungkinan merupakan sisa peluruhan dinding rahim setelah masa haid Anda.

    Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter, terutama bila keluhan ini berulang atau Anda merasa kurang nyaman dengan kondisi ini. Dokter akan melkaukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan, seperti pemeriksaan darah dan USG. Penatalaksanaan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Yang perlu Anda lakukan adalah menghindari kelelahan fisik, hindari stres, dan idealkan berat badan Anda.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga flek.

    dr. Ulfi