Tanya Dokter

  • Menstruasi selama 3 bulan berturut-turut

  • Assalamu'alaikum. Dok saya mau tanya, Desember kemarin saya melahirkan, lalu bulan februari saya suntik kb yang 3 bulan agar asi saya tetap lancar, kata bidan efeknya mentruasi selama 1 bulan dan keluar darahnya sedikit, Setelah saya suntik kb baru seminggu saya menstruasi, dan sampai sekarang belum berhenti juga, saya khawatir dengan ketidaksewajarnya menstruasi saya. Apa ini efek dari kb, apa saya punya penyakit? Tolong dijawab dok. Terima kasih !

    dok, kenapa pertanyaan saya belum di jawab ?

    Hai..ji Jika menstruasi terus menerus setelah suntik KB kemungkinan bukan kaerna suatu penyakit melainkan akibat efek samping akibat penggunaan awal KB hormonal, seperti pil maupun suntik. Gejala yang timbul adalah menstruasi yang tidak teratur/diluar siklus. Keluhan ini disebabkan oleh pengaruh hormon <span class="yiv2830727637"> </span>KB yang mempengaruhi kerja hormon alami pada tubuh kita dan efek samping ini bisa berbeda-beda pada setiap orang. Oleh karena itu, mereka yang baru saja menggunakan KB hormonal ada yang mengalami gangguan menstruasi tapi ada juga yang mengalami gangguan menstruasi, mulai dari tidak adanya haid, haid sebentar, haid berjumlah sedikit, atau malah terus menerus seperti yang ibu alami selama 1 bulan ini. Ini dapat terjadi sampai terjadinya penyesuaian tubuh dengan kadar hormon yang ada dalam darah. <div id="yiv2830727637yui_3_16_0_1_1428404147892_28643" class="yiv2830727637">Jika ingin kontrasepsi tanpa adanya gangguan menstruasi dapat melakukan kontrasepsi non hormonal seperti IUD (intrauterine device) misal spiral.</div> <div class="yiv2830727637"></div> <div class="yiv2830727637">Penyakit yang dapat mengakibatkan menstruasi berlebihan antara lain:</div>

      <li class="yiv2830727637">Mioma rahim <li class="yiv2830727637">Polip rahim <li class="yiv2830727637">Kanker <li class="yiv2830727637">Obat-obatan,dll
    <div class="yiv2830727637">Untuk memastikan lebih lanjut sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan langsung dan juga pemeriksaan USG.</div> <div class="yiv2830727637"></div> <div class="yiv2830727637">Semoga membantu ya. Terima kasih.</div> <div class="yiv2830727637"></div> <div class="yiv2830727637">dr.Yan william</div> <div class="yiv2830727637"></div>

    <div class="alodokter-bbp-content-reply-28275"> Hai.. Jika menstruasi terus menerus setelah suntik KB kemungkinan bukan karena suatu penyakit melainkan akibat efek samping akibat penggunaan awal KB hormonal, seperti pil maupun suntik. Gejala yang timbul adalah menstruasi yang tidak teratur/diluar siklus. Keluhan ini disebabkan oleh pengaruh hormon KB yang mempengaruhi kerja hormon alami pada tubuh kita dan efek samping ini bisa berbeda-beda pada setiap orang. Oleh karena itu, mereka yang baru saja menggunakan KB hormonal ada yang tidak mengalami gangguan menstruasi dan ada juga yang mengalami gangguan menstruasi, seperti tidak adanya haid, haid sebentar, haid berjumlah sedikit, atau malah terus menerus seperti yang ibu alami selama 1 bulan ini. Ini dapat terjadi sampai terjadinya penyesuaian tubuh dengan kadar hormon yang ada dalam darah. Jika ingin kontrasepsi tanpa adanya gangguan menstruasi dapat melakukan kontrasepsi non hormonal seperti IUD (intrauterine device) misal spiral. Penyakit yang dapat mengakibatkan menstruasi berlebihan antara lain:

    • Mioma rahim
    • Polip rahim
    • Kanker
    • Obat-obatan,dll
    Untuk memastikan lebih lanjut sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan langsung dan juga pemeriksaan USG. Mengenai Menstruasi dan gangguannya dapat dibaca dibawah ini Menstruasi Mewaspadai mentruasi yang tidak normal Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william   </div>