Tanya Dokter

  • menstruasi setelah berhubungan intim

  •  Febian
    Anggota

    Hii, Dok saya mau nanya, Kenapa ya sesudah melakukan hubungan intim dengan pasangan saya, ke esokan harinya ms.v saya keluar flek darah, padahal sebelumnya saya baru beres menstruasi ? Masa saya menstruasi lagi ? Itu penyebabnya kenapa yaaa ? Bahaya gak dok ? Minta solusinya ? Terima Kasih

    Hai, Keluar darah dari jalan lahir / vagina setelah berhubungan seksual dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya :

    1. Pertamakali berhubungan seksual
    2. Gesekan selama berhubungan dan kurangnya cairan lubrikasi, sehingga terjadi lecet
    3. Infeksi menular seksual, yang menyebabkan luka pada daerah genital
    4. Masalah pada vagina - seperti atrofi vagina
    5. Masalah pada leher rahim (serviks) - seperti kanker serviks, radang serviks, ektropion serviks
    6. dan lainnya
    Untuk informasi lebih lengkap mengenai perdarahan setelah berhubungan seksual Anda dapat membuka halaman berikut : perdarahan vagina usai berhubungan Jika Anda baru selesai menstruasi dalam waktu sehari, darah yang keluar masih mungkin merupakan darah haid. Karena pada menstruasi hari-hari terakhir darah keluar sedikit-sedikit dan sesekali maka mungkin Anda tidak sadar telah berhubungan pada saat masih menstruasi. Sebaiknya Anda memeriksakan kondisi yang Anda alami ke dokter/ dokter kandungan, terutama jika perdarahan ini terjadi berulang, agar dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik secara langsung terhadap organ kewanitaan dan organ reproduksi Anda. Selain itu dokter juga butuh untuk melakukan pemeriksaan lain seperti USG.   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.

    Febian  fitriirma0917
    Anggota

    Salam jumpa dokter... boleh saya bertanya dok, saya 38 thn sudah menikah 13 tahun, mengikuti KB suntik 1 bulan sekali. selama mengikuti KB kalo menstruasi hanya sedikit saya hampir tidak pernah mengunakan pembalut. beberapa tahun ini menstruasi saya mengalami kendala, 2 tahun yg lalu saya selama 6 bulan tidak menstruasi setelah itu normal kembali tapi menstruasi hanya sedikit2 keluar nya. tahun 2015 bulan aug-dec saya tidak mengalami menstruasi lagi, 25 dec saya alami menstruasi selama 2 minggu berupa flek saja lalu berhenti. akhir januari saya menstruasi normal selama 5 hari. 1 minggu setelah nya saya berhubungan intim kenapa langsung mengeluarkan darah seperti menstruasi ya dok.... ini sdh hari ke 5 masih mengeluarkan darah. gejala apakah ini dok ...?? apakah saya akan memasuki menopose dini ..?? atau kah ada yang lain nya ...?? mohon solusi nya dok ... .