Tanya Dokter

  • menstruasi tidak teratur setelah keguguran

  • Hai dok saya adalah ibu dari 2anak.waktu 2 bulan yang lalu saya keguguran dan minum obat penggugur.setelah itu menstruasi saya tidah teratur lagi 1minggu menstruasi satu minggu gak 1minggu datang lagi haid.seterusnya seperti itu.apa bagusnya obat diminum dok

    Salam, Keluhan yang Anda rasakan kemungkinan perlu dipastikan, apakah kondisi ini merupakan menstruasi atau pendarahan paska keguguran. Bila pendarahan paska keguguran, maka kemungkinan yang terjadi adalah adanya sisa kehamilan yang belum komplit keluar, sehingga menyebabkan pendarahan terus  berlangsung. Kondisi ini biasanya disertai nyeri perut yang mengganggu, terutama bawah pusar. Beberapa kondisi lain juga dapat menyebabkan keluhan pendarahan paska keguguran: 1. infeksi paska keguguran 2. gangguan pembekuan darah 3. gangguan hormonal 4. trauma/perlukaan pada jalan lahir Sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan untuk pemeriksaan dan evaluasi organ kewanitaan paska keguguran. Bila diperlukan, pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan hormonal dapat dilakukan oleh dokter kandungan. Pengobatan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan, sehingga membantu mengobati pendarahan atau haid yang tidak teratur secara optimal. Yang perlu anda lakukan adalah: 1. istirahat yang cukup 2. hindari stre 3. cukupi kebutuhan gizi dan kalori untuk mencegah anemia Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga keguguran. dr. Ulfi