Tanya Dokter

  • Haid berkepanjangan dan darah haid berwarna kecokelatan

  •  Weni Suhendra
    Anggota

    Assalamu alaikum dokter, sy telah menikah selama 5 tahun lebih tapi blm memiliki keturunan. Setahun yg lalu sy dan suami sudah melakukan tes di lab dan hasilnya sy tidak ada miom,kista,serviks hanya iritasi di vagina. Tp itu sekarang sudah tidak lg. Sy mau merencanakan kehamilan melalui siklus haid. Tp, bulan ini haid sy sudah 2 minggu tdk berhenti dan tiap pagi sesudah bgn tidur,ketika sy buang air kecil bersamaan keluar darah warna kecoklatan. Dan darah itu hanya keluar dipagi hari aja sesudah bgn tidur. Mohon dibantu untuk cara mengatasinya. Terima kasih.

    Hai, Normal atau tidaknya menstruasi tidak dinilai dari warna darah yang dikeluarkan, melainkan dari siklus menstruasi, lamanya berlangsung, dan volume darah yang dikeluarkan. Pada dasarnya warna darah menstruasi dapat bervariasi tergantung komposisi yang terkandung di dalamnya. Darah menstruasi akan berwarna merah jika kandungan yang terbanyak adalah sel darah, coklat jika kandungan yang terbanyak adalah lendir, dan hitam jika kandungan jaringan paling banyak. Menstruasi secara normal terjadi secara siklik yaitu setiap 21-35 hari dan berlangsung selama 2-7 hari dengan volume darah yang dikeluarkan rata-rata 40 mililiter. Menstruasi yang berlangsung hingga 2 minggu merupakan hal yang tidak normal dan kondisi ini disebut sebagai menorrhagia. Penyebab menorrhagia di antaranya adalah:

    Untuk memastikan penyebabnya sebaiknya Anda kembali berkonsultasi dengan dokter kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan yang meliputi pemeriksaan panggul, tes darah, dan USG untuk menelusuri lebih jauh. Jika ditemukan adanya kelainan yang mendasari maka dokter akan memberikan penanganan yang tepat sesuai kondisi. Baca laman artikel berikut ini: Menorrhagia Mewaspadai menstruasi yang tidak normal Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman