Tanya Dokter

  • menstruasi telat setelah masa nifas berhenti

  •  Alvia Tuembem
    Anggota

    Saya bulan 1 juni sudah lairan anak pertma,pas udh masa nifas berhenti tgl 15 juli menstruasi pas bulan ini saya tidak menstruasi?apakah masih wajar dok?dan apakah sya masih boleh KB dok.

    .Makasih dok

    Hai Alvia Setelah persalinan merupakan hal yang normal bila Anda belum menstruasi terutama pada 3 bulan pertama terjadi peningkatan hormon prolaktin untuk merangsang pembentukan ASI. Pada ibu yang menyusui ini dapat menjadi KB alami yang disebut sebagai MAL (metode amenore laktasi). Dimana syaratnya, antara lain:

    • Anda belum menstruasi sejak melahirkan
    • Menyusui secara rutin selama 6 bulan pertama (ASI ekslusif)
    • Menyusui dengan frekuensi sering dan tanpa menggunakan botol atau dot.
    Pada ibu yang tidak menyusui biasanya hormon prolaktin akan menurun sehingga dapat terjadi menstruasi dalam waktu 3 bulan pertama setelah melahirkan. Anda dapat melakukan KB dengan jenis yang tidak mengganggu produksi ASI seperti KB IUD (intra uterin device), suntik 3 bulan. Sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk pemilihan metode KB setelah melahirkan. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Memilih alat kontrasepsi. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william    

    Malam dok, maaf saya sudh melalui pertanyaan tp ga dibalas2. sya sudah 1thn menikah dan belum mempunyai keturunan.saat2 ini saya merasa seperti org hamil; Mual,perut begah n kram,nyeri pinggang,nyeri payudara,sering BAK saat mlm hari n kl bangun tdr udh pengen nyari yg seger2. HPT 19juli 2015, dan kmrn haid(flek) cuma sehari tgl 24 Agustus 2015, dan aq tespek tgl 20 agustus n 1 september tp hasil nya -, itu knp ya dok? Makasih.

    Alvia Tuembem  Alvia Tuembem
    Anggota

    .saya tidak menyusui dok,karna pas oprasi saya kasih daun binahong,akhirnya oprasi'annya sembuh dan ASInya mlah tdk keluar? .Aapa daun binahong itu pengaruh dengan ASI dok. .Mkasih.

    Hai Belum ada data penelitian apakah adanya hubungan antara daun binahong dengan produksi ASI. Untuk meningkatkan produksi ASI yang dapat Anda lakukan:

    • Secara rutin menyusui bayi, semakin sering payudara menyusui maka semakin banyak juga produksinya
    • Tidak memakai kontrasepsi yang mengandung estrogen seperti pil KB kombinasi atau KB suntik 1 bulan
    • Makan makanan bergizi
    • Berpikiran positif dan niat untuk selalu menyusui bayi.
    Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william