Tanya Dokter

  • faktor-faktor yang dapat mempengaruhi telatnya menstruasi

  •  Diyan Kiitty
    Anggota

    aslm.perkenalkn nm saya diyan dari tangerang dok.. mau tanya kmrin saya terakhir saya menstruasi tgl 17 sep 2016 sampai skrng blm jg dok ttpi sya blm hamil juga itu knph yah dok saya pngn menstruasi saya lancar tiap bln nya.. terimakasih donk minta penjelasan nya.

    Hallo Diyan Kondisi telat menstruasi belum tentu menandakan bahwa orang tersebut hamil, menstruasi menjadi terlambat karena dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, salahs atunya adalah akibat keseimbangan hormon reproduksi. Hormon reproduksi mempunyai peran yang penting dalam mengatur pematangan sel telur, apabila sel telur yang matang tersebut tidak dibuahi maka dinding rahim akan luruh sehingga munculah yang disebut darah haid. Ada kondisi dimana kadar hormon yang menjaga dinding rahim tetap tinggi sehingga walaupun tidak kunjung dibuahi dinding rahim tersebut tidak belum juga luruh sehingga darah haid menjadi terlambat. Selain itu faktor-faktor lainnya yang dapat mempengaruhi telatnya menstruasi adalah

    • Pengaruh hormon tiroid
    • Adanya kenaikan berat badan atau malah terjadi penurunan berat badan yang signifikan dalam waktu singkat
    • Faktor stress dan kondisi emosional
    • PCOS (policystic ovarian syndrome)
    • Efek samping obat-obatan
    • dan paparan zat kimia lainnya yang berpotensi menggangu fungsi kerja organ reproduksi
    Untuk dapat menstruasi lancar setiap bulannya, maka diperlukan pengkajian terlebih dahulu apa sih sebernya yang menjadi akar masalah atas kondisi yang Diyan alami sehingga menstruasi menjadi terlambat. Jadi jangan ragu untuk mengunjungi dokter secara langsung agar dapat dilakuakan pemeriksaan kesehatan  dasar dan juga wawancara medis sebagai bekal informasi untuk dapat menegakan suatu kondisi penyakit/gangguan medis. Beberapa saran untuk Anda lakukan adalah
    • Menjaga berat badan tetap ideal, namun hindari aktivitas fisik yang berlebihan untuk mencapai berat badan ideal tersebut, ataup diet keras.
    • Hindari mengkonsumsi obat-obatan bebas tanpa adanya pertimbangan dokter
    • Hindari stress dengan cara bersosialiasi dengan komunitas yang membangun, serta mengerjakan pekerjaan atau tugas dari jauh-jauh hari sehingga tidak menumpuk
    • Konsumsi makanan bergizi seimbang
    • Istirahat dan tidur yang cukup
    Artikel terkait untuk disimak adalah Semoga bermanfaat dr. Arnold

    Diyan Kiitty  Diyan Kiitty
    Anggota

    ooh gt yah dok tetapi dok klau saya telat terus gitu setiap bulan saya bisa cepat hamil ga don soal nya saya pngn banget punya anak dok tetapi mestruasi saya aja tiap bulan nya ga lancar.itu gmn yah dok

    Kondisi siklus menstruasi yang sering berubah-ubah dan terlambat bulan berpotensi menggangu terjadinya pembuahan sel telur, sehingga dapat saja mempersulit seseorang mempunyai momongan, walaupun kondisi gangguan menstruasi ini ada juga yang dapat hamil bahkan tanpa ada masalah hingga proses melahirkan. Pasangan yang sehat rata-rata baru mempunyai momongan ketika usia pernikahan mencapai 2 tahun, Anda tidak perlu terlalu khawatir jika dalam 2 tahun pertama pernikahan Anda belum juga dikaruniai keturunan sekalipun rutin berhubungan intim dengan suami, karena masih banyak faktor-faktor yang terlibat. Faktor-faktor yang memepengaruhi keberhasilan kehamilan adalah

    • Faktor dari perempuan
      • Sel telur yang di produksi baik untuk dapat di buahi dan berkembang menjadi janin
      • Kondisi rahim memungkinan untuk mendukung proses kehamilan
      • Tidak adanya sumbatan atau gangguan pada saluran reproduksi
      • Keseimbangan hormon yang penting dalam proses kehamilan
    • Faktor dari pria
      • Jumalah sperma dalam 1 ml air mani
      • Bentuk dari sperma rata-rata harus normal
      • Pegerakan dari sperma rata-rata harus normal
    • Faktor lainnya
      • apakah rutin hubungan badan?
      • Pemakaian kb?
      • ADa tidaknya penyakit kornis pada salah salah satu pasangan
      • Efek samping obat-obatan?
    Untuk mengetahui pasti faktor apakah yang memeganga peran sehingga Anda sukit hamil, maka sebaiknya memeriksakan diri ke dokter secara langsung, agar dapat direncanakan prosedur medis ataupun pengobatan yang benar

    Diyan Kiitty  Diyan Kiitty
    Anggota

    mksh yah dok atas info nya ooh iyah dok mau tnya lg ada ga dok obt buat hormon agar Menstruasi saya lancar tiap bln nya.

    Diyan Kiitty  indaherbalshop
    Anggota

    Hai kak, sebelumnya berat badan+tinggi badan berapa? Ada keturunan diabet? Jaman skrg rata2 perempuan banyak yg mens nya terlambat, Yg ditakutkan kakak terkena PCO, Pola hidupyg harus di lakukan agar mens menjadi teratur : Olahraga seminggu 3x, setiap olahraga minimal 30menit, Diusahakan kurangi konsumsi karbohidrat, yg manis2 Perbanyak konsumsi sayur2an 😊

    Hallo Diyan dan Indah Terimakasih juga untuk Indah yang sudah mencoba memberikan saran, kemungkinan PCOS bisa saja terjadi maka itu diharapkan untuk melakukan gaya hidup sehat agar memperkecil kemungkinan terkena kondisi gangguan kesehatan Karena belum dapat diketahui kondisi pasti yang Diyan alami, maka pemberian obat hormon belum bisa direncakanan, karena belum tentu karena gangguan hormon sehingga akhirnya menstruasi Anda menjadi tidak teratur. Obat-obatan hormon yang dapat mengatasi gangguan siklus menstruasi memang ada, namun belum tentu obat tersebut adalah solusi atas kondisi Anda Coba bayangkan jika ternyata menstruasi terganggu karena hal lainnya namun Anda menjalani terapi hormon, yang ada bukannya sembuh malah dapat berdampak pada kesehatan Anda sendiri, maka itulah sebaiknya pengobatan yang dijalani berdasarkan pertimbangan dokter setelah dilakukan pengkajian terhadap diri Anda.

    Diyan Kiitty  Diyan Kiitty
    Anggota

    PCOS itu apa dok?? dok saya jadi bingung ini saya udh telat 2 bulan tetapi saya blm haid juga gmn dok.kemungkinan saya bakal haid lagi ga donk.. makanan seperti apa saja yang harus saya mkn supaya haid saya lancar dok

    Diyan Kiitty  Diyan Kiitty
    Anggota

    hay juga ka.indah sebelum nya brt bb sekitar 50 ka. klau tinggi bb kurang tau ka. iya ka aku tiap bln nya sering telat haid.. gmn yah ka cari solusi nya.

    Dok maaf dong numpang tanya sekalian , saya minggu lalu bergubungan sexs dengan suami itu keluar nya vagina tp bagian luar dok . Itu bisa menyebakan hamil ga ya ? Saya sudah pakai kondom jg tp sperma nya tumpah dibagian bawah kondom jd menyebabkan keluar hingga menempel di bagian luar vagina , saya masih program buat blm dl punya anak lg hehe . Makasih dok

    Diyan Kiitty  Mei Mey
    Anggota

    Assalamalaikum dokter , saya numpang nanya sekalian ya Usia saya 24 tahun ,, mulai usia 12 sampai 24 ini haid saya alhamdulillah lancar Tapi dokter , mulai bulan oktober sampai november sekarang saya belum haid dok Apa saya hamil dok ?? Karena selama ini haid saya selalu lancar Terimakasih ya dokter

    Diyan Kiitty  Mei Mey
    Anggota

    Assalamu'alaikum dokter Usia saya 24 tahun ,, Setiap bulan saya haid selalu lancar ,, Mulai usia 12 tahun sampai sekarang Tapi dokter , pas bulan september kemaren saya haid , tapi bulan oktober sampai sekarang belum haid juga dokter Setiap bulan menstruasi saya selalu lancar dokter ,, gak pernah telat gini Apakah saya hamil dok ?? Tolong jwab ya dok , terimkasih