Tanya Dokter

  • Menstruasi terus menerus setelah penggunaan kb implan

  •  Wenta
    Anggota
    Dok...sy pasang kb implan tgl 20/9/2017. Stlh 1 minggu kmudian sy menstruasi sampai dengan skarang dok...itu bgmn ya apa itu ada masalah atau gmn? Smpet menstruasi nya kecoklatan sdikit2 tp skrang bnyak lagi dan darah nya bergumpal2. Jg skrg sy jd bnyk jerawat dok.. solusi nya bgmn dok?sy tunggu jwb nya ya dok,trimakasih sblm nya...
    Wenta  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Wenta,

    KB implan merupakan alat kontrasepsi hormonal yang mengandung hormon progestogen. Salah satu efek samping dari KB implan adalah gangguan siklus menstruasi, termasuk menstruasi tidak teratur, menstruasi sedikit, perdarahan di luar siklus menstruasi, dan tidak menstruasi.

    Kemungkinan yang Anda alami adalah perdarahan di luar siklus menstruasi akibat efek samping KB implan. Namun perdarahan di luar siklus menstruasi juga bisa disebabkan karena hal lain seperti gangguan hormonal, gangguan pembekuan darah, konsumsi obat pengencer darah, polip, fibroid, kanker. Untuk memastikannya dibutuhkan pemeriksaan secara langsung oleh dokter.

    Apabila kondisi perdarahan selalu berlangsung setiap hari dengan darah yang banyak, saya sarankan agar Anda berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan supaya bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya sehingga Anda bisa diberikan penanganan yang tepat ya. Bila diperlukan opsi mengganti alat kontrasepsi mungkin bisa dipertimbangkan.

    Sedangkan terkait dengan jerawat, Anda bisa mencoba menggunakan obat jerawat yang dijual bebas terlebih dahulu, menggunakan produk wajah yang non comedogenic, dan pastikan wajah benar-benar bersih sebelum tidur. Bila belum ada perbaikan, maka Anda bisa berkonsultasi langsung dnegan dokter kulit supaya bisa diberikan penanganan lanjutan misalnya dengan rtinoid, benzoil peroksida, chemical peeling, isotretinoin, dan antibiotik bila perlu.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    KB implan
    Menstruasi tidak normal

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y