Tanya Dokter

  • menstruasi sedikit setelah menggunakan kb iud

  •  Weny Lie
    Anggota

    Selamat malam dok,saya mau tanya,knp ya pada bulan ini mens saya sedikit.tidak seperti biasanya.skrg saya menggunakan kb iud/spiral.apa ada yg bermasalah ya.tolong di jawab.terima kasih

    Halo, KB IUD atau spiral bekerja dengan cara berfungsi sebagai pembunuh sperma serta mengeluarkan hormon progestin yang berguna untuk menebalkan dinding rahim serta memperbanyak jumlah lendir pada rahim sehingga sperma tidak bisa masuk dan tidak terjadi pembuahan Adanya pelepasan hormon progestin tersebut akan sangat mempengaruhi siklus menstruasi Anda. Lama kelamaan dinding rahim akan cukup tebal sehingga tidak perdarahan semakin sedikit hingga tidak terjadi menstruasi. Hal ini adalah hal yang wajar terjadi pada pemakaian IUD dan akan kembali normal bila Anda tidak menggunakannya lagi. Semoga membantu, terimakasih