Tanya Dokter

  • Menstruasi tidak berhenti setelah pakai KB

  •  Menikk Imanez
    Anggota
    Selamat malam dok . Saya Menik , ujur 21th , saya sekitar 4 bulan lalu menjalani oprasi sesar dok , dan dokter menyarankan untuk pasang kb , saya memilih untuk pasang kb implan , tapi dari hari pertama pemasangan sampai hari ini saya tidak berhenti menstruasi . Apakah itu aman dok ? Dan jika kb kita tidak cocok bagaimana ciri cirinya ?

    Hai Menik.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    KB implan merupakan alat kontrasepsi yang mengandung hormon progesteron, alat Kb ini mencegah terjadinya pembuahan dengan menebalkan lendir pada mulut rahim. Hal ini mengakibatkan sulit terjadi pembuahan dan rahim menjadi lingkungan yang tidak siap untuk terjadinya kehamilan.

    Beberapa keuntungan dari KB implan ialah: mudah, murah, tidak mengganggu penampilan, efektif dalam jangka waktu 3 tahun. Tetapi tidak semua orang dapat menggunakan KB ini, beberapa keadaan seperti adanya diabetes, gangguan hati, dan riwayat kanker payudara tidak disarankan menggunakan alat KB ini.

    Tetapi, alat KB ini jga memiliki efek samping terhadap menstruasi dan kejadiannya berbeda- beda untuk setiap wanita, ada yang menstruasi menjadi memanjang, memendek, atau bahkan tidak menstruasi.

    Jika perdarahan terjadi terus- menerus; dalam jumlah banyak hingga anda pucat dan merasa lemas, lelah, pusing; disertai dengan keluhan nyeri perut; maka baiknya anda memeriksakan diri ke dokter kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan USG, dapat juga dilakukan cek lab darah. Bisa saja menstruasi yang anda rasakan terus- menerus ini tidak hanya disebabkan karena efek KB implan, bisa saja ditemukan penyebab lain dari hasil pemeriksaan USG. Untuk juga konsultasikan kembali dengan dokter jenis KB yang cocok dengan anda, dan tanyakan apakah perlu dilakukan penggantian metode KB lainnya yang juga efektif. 

    baca juga: cara memilih alat kontrasepsi 

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti