Tanya Dokter

  • menstruasi tidak kunjung henti saat menggunakan KB suntik 1 bulan

  •  warni ibrahim
    Anggota
    Selamat sore dok, saya seorang ibu berusia 33 th. Bulan lalu saya KB suntik 1 bulan,dan sekarang menstruasi saya belum kunjung berhenti dari tanggal 25 oktober lalu. Sebelumnya saya sudah 2 tahun tidak KB. Apakah berbahaya dok ?

    Halo Ibu Warni,

    Kb suntik termasuk ke dalam jenis kb jenis hormonal yang sangat mempengaruhi siklus menstruasi, akibat ketidakseimbangan hormonal yang terjadi di dalam tubuh. Efek penggunaan kb suntik seringkali ditandai dengan gangguan menstruasi namun lebih ringan dibandingkan kb suntik 3 bulan.

    Perpanjangan waktu menstruasi yang Anda alami bisa jadi akibat kb suntik yang baru digunakan, dan hal ini tergolong normal. Anda dapat melakukan observasi dan menilai jenis perdarahan yang keluar, apabila perdarahan cenderung lebih sedikit dan tidak disertai keluhan penyerta lain tidak masalah. Namun apabila perdarahan yang keluar cukup banyak, disertai nyeri perut hebat, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan untuk mendapatkan pemeriksaan lanjutan dan penanganan yang sesuai. Diskusikan juga dengan dokter mengenai jenis alat kontrasepsi lainnya yang sesuai dengan kondisi Anda.

    Simak juga ulasan mengenai Menstruasi.

    semoga bermnafaat,

    dr. Tantya