Tanya Dokter

  • Nyeri haid yang melebihi biasanya

  • Salam,, Dok.. Saya mau konsultasi.. Begini dok, beberapa hari kemarin saya haid, namun besok nya saya merasakan nyeri sakit tak seperti biasanya.malam itu juga saya minum kiranti dg harapan nyeri sakit bisa hilang. Namun hari ini mens saya sudah tdk keluar darah dok. Saya bingung dan takut karena mens saya belum ada 3/4hari. Apa penyebabnya dok? Dan apakah ada bahaya nya?

    Mohon info nya. Trims

    Halo,   Menstruasi yang normal akan memiliki lama periode 2-7 hari setiap siklusnya. Jadi jika menstruasi Anda masih berada dalam jangka normal diatas maka Anda tidak perlu khawatir. Nyeri saat menstruasi terjadi akibat kontraksi rahim berlebih namun juga bisa disebabkan karena adanya indikasi medis lain seperti :

    1. endometriosis
    2. kista
    3. Stenosis mulut rahim
    4. Infeksi rahim
    5. Penyakit radang panggul
    6. dll.
    Untuk mengetahui penyebab nyeri maka pemeriksaan oleh dokter kandungan secara langsung akan diperlukan. Dengan pemeriksaan fisik dan tes medis seperti USG, tes spekulum dll maka penyebab keluhan Anda bisa diketahui dan tentunya diberikan pengobatan yang sesuai. Anda bisa menambahkan rutin berolahraga, makan gizi seimbang serta mengelola stress dengan baik untuk mengurangi nyeri haid timbul, jika terlanjur timbul Anda bisa mengompres perut dengan botol hangat atau meminum obat pereda nyeri yang aman seperti paracetamol. Baca topik Nyeri haid. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Saya mau tanya dok, mengenai keputihan,,kok keputihan saya berbau ya dok? Apa penyebabnya?dan apakah berbahaya?