Tanya Dokter

  • Lamanya menstruasi yang dikatakan normal

  •  Achiara
    Anggota
    Dok, sy usia 23th, dulu saya menstruasi bisa sampai 10hari baru benar2 bersih. Dan dulu menstruasi saya mengeluarkan gumpalan darah. Kemudian sy sempat minum obat postinor sebanyak 2x dalam 2 bulan. Sejak saat itu saya mengalami me struasi hanya 4 hari saja itupun sudah bersih, dan tdk mengeluarkan gumpalan darah lagi. Ini sudah terjadi 2 bulan belakangan ini. Yg saya tanyakan, normalkah dok? Apa yg harus saya lakukan. Thx

    Halo Achiara.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Pada dasarnya siklus menstruasi yang normal mempunyai ciri : siklusnya antara 21 hari sampai dengan 35 hari, terjadinya menstruasi antara 3 hari sampai dengan 7 hari, keluarnya darah pada saat menstruasi berjumlah kurang lebih 40 mL.

    Oleh karena itu jika menstruasi Anda hanya terjadi selama empat hari, maka hal ini masih dalam kategori normal, dan cegahlah siklus menstruasi menjadi tidak teratur atau tidak lancar dengan cara tetap melakukan pola hidup sehat.

    Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam rangka mencapai pola hidup sehat, diantaranya adalah : kelola stress psikologis, makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, hindari tubuh dalam kondisi kelelahan yang sangat, minum air putih minimal 2 Liter perhari, tidur dan istirahat yang cukup, stop merokok dan jangan minum minuman keras, perbanyak makan buah dan sayur.

    Yang paling terpenting adalah jika siklus menstruasi Anda di luar dari ciri-ciri normal, dan terjadi selama tiga bulan berturut - turut, maka segeralah menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan, agar dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati