Tanya Dokter

  • menstruasi tidak teratur dan pengaruh pada kesuburan

  •  Umi rohmah
    Anggota

    Selamat malam dok, Sya mempunyai masalah dgn siklus menstruasi sya, saat ini umur sya 20 tahun, semenjak sya smp kls 3, siklus menstruasi saya tidak lancar, terkadang mens, terkadang tidak.. itu kenapa ya dok? Sya takut itu berpengaruh dengan kesuburan sya saat sudah menikah nanti. Solusinya spt apa ya dok supaya menstruasi sya lancar.

    Halo,   Menstruasi tidak teratur memerlukan pemeriksaan secara seksama dan langsung mengenai kesehatan organ reproduksi Anda agar bisa sekaligus menyelesaikan permasalahan gangguan menstruasi Anda dan menyehatkan kesuburan Anda. Adapun beberapa kemungkinan penyebab gangguan siklus menstruasi Anda bisa disebabkan karena :

    1. Gangguan hormonal.
    2. Obesitas / Perubahan berat badan yang tidak menentu dan ekstrem (diet ketat).
    3. Gangguan tiroid
    4. Adanya infeksi pada rahim.
    5. Endometriosis.
    6. Adanya polip / jaringan fibroid dalam rahim.
    7. Kista ovarium.
    8. Stress psikis berlebih yang menyebabkan gangguan kesehatan.
    9. Latihan ekstrem berlebih contoh pada atlet.
    10. dll.
    Baca topik Menstruasi berkepanjangan dan tidak teratur. Pemeriksaan fisik secara langsung ke dokter kandungan dan tes medis seperti USG, tes darah, dll akan memperjelas kondisi organ reproduksi Anda dan penyebab gangguan siklus menstruasi Anda. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan bisa diberikan sesuai dengan hasil pemeriksaan. Gangguan menstruasi belum tentu menandakan bahwa Anda tidak subur namun memang jika siklus menstruasi tidak teratur maka kehamilan akan sulit terjadi karena sulitnya menentukan masa subur. Anda bisa membantu memperlancar siklus menstruasi Anda dengan cara :
    1. Melakukan olahraga teratur.
    2. Makan gizi seimbang
    3. Cukup istirahat
    4. Kelola stress
    5. Menjauhi rokok dan asap rokok.
    Maka dari itu periksakan diri Anda agar kesehatan organ reproduksi terjaga dan tidak akan mempengaruhi kesuburan Anda.   Semoga membantu,   dr. Yusi