Tanya Dokter

  • Menstruasi tidak teratur saat promil

  •  ami91
    Anggota
    Halo dok, Saya ami usia 26thn. Saya sudah menikah selama 1tahun 2bulan. Dan saat ini sedang promil (sdh berjalan 3bln. Yang ingin saya tanyakan, selama promil ini menstruasi selalu maju 1 hari disetiap bulannya. Sebelumnya selalu teratur, apakah ini normal dok? Dan apakah keram perut selama mens mempengaruhi kesuburan. Terimakasih Dok

    Halo ami91, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Menstruasi atau peluruhan lapisan endometrium di dalam rahim normalnya terjadi dalam jarak 21-35 hari setiap bulannya. Setiap wanita bisa mengalami siklus menstruasi yang maju atau mundur, namun selama berada dalam rentang tersebut, siklus menstruasi masih dapat dikatakan normal. Siklus menstruasi yang maju hanya 1 hari tidak disebut sebagai menstruasi yang tidak teratur. Kemungkinan jarak antara siklus menstruasi anda tetap sama setiap bulannya hanya jumlah harinya berkurang, misalnya awalnya siklus menstruasi anda terjadi setiap 28 hari, sekarang terjadi setiap 27 hari. Hal tersebut tidak disebut dengan menstruasi yang tidak teratur dan tidak akan mempengaruhi kesuburan anda.

    Kram perut saat menstruasi yang disebut dengan dismenore dapat terjadi karena dihasilkannya suatu zat kimia yang disebut dengan Prostaglandin di rahim saat menstruasi . Prostaglandin ini menyebabkan kontraksi otot-otot di rahim yang menyebabkan munculnya rasa nyeri serta penurunan aliran darah dan oksigen ke rahim. Seperti halnya nyeri saat persalinan, kontraksi ini dapat menyebabkan nyeri yang cukup hebat dan rasa tidak nyaman. Prostaglandin ini juga dapat menyebabkan munculnya rasa mual hingga muntah, serta diare saat menstruasi.

    Nyeri dismenore biasa tidak akan menyebabkan gangguan kesuburan, namun perlu diperhatikan juga bahwa dismenore dapat disebabkan oleh hal-hal lainnya, seperti

    1. Endometriosis yaitu tumbuhnya jaringan endometrium di luar rahim
    2. Kista ovarium
    3. Fibroid atau miom atau tumor jinak pada rahim
    4. Adenomiosis yaitu tumbuhnya jaringan endometrium ke dalam otot rahim
    5. Infeksi di organ reproduksi
    6. Stenosis servikal yaitu pendeknya pembukaan pada serviks

     

    Beberapa kondisi di atas dapat menyebabkan gangguan kesuburan. Anda dapat menanyakan kembali ke dokter kandungan yang merawat anda untuk dicaritahu ada tidaknya kelainan dalam rahim anda yang menyebabkan gejala dismenore saat anda menstruasi. Bila memang tidak ditemukan kelainan apapun, berarti dismenore yang anda alami adalah dismenore yang normal yang tidak akan mempengaruhi kesuburan anda.

     

    Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia