Tanya Dokter

  • Menstruasi bisa 3 kali dalam sebulan

  •  Mamaz Zio Zio
    Anggota

    dok,saya menstruasi sebulan bisa 3x,kdang lebih..apakah itu berbahaya? dlu pas saya ikut kb suntik yg 3blan tdak menstruasi,cuma kdang da flek dkit..tpi dah 5blanan ini saya gk ikut kb tpi mlah menstruasi terus menerus..seminggu mentruasi,semingu tdak,seminggu mentruasi lgi.. apakah itu berbahaya dok?

    Hai Mamaz, Menstruasi merupakan hal yang normal dialami oleh seorang wanita. Menstruasi yang dialami setiap wanita akan berbeda-beda dari segi frekuensi dan siklus menstruasinya. Pada umumnya menstruasi akan terjadi selama 3-7 hari dengan siklus 25-35 hari. Namun pada keadaan tertentu ada siklus menstruasi yang dapat berubah karena akibat keadaan tertentu seperti faktor ketidakseimbangan hormonal, faktor stress, kelelahan, dll. Jenis-jenis menstruasi yang tidak normal adalah sebagai berikut:

    1. Menorrhagia yaitu menstruasi yang volumenya sangat banyak
    2. Metrorrhagia yaitu menstruasi yang frekuensinya lebih sering
    3. Amenorrhea yaitu menstruasi yang berhenti seperti pada wanita menoause
    4. Dysmenorrhea yaitu rasa nyeri yang hebat pada saat menstruasi
    5. Olygomenorrhea yaitu menstruasi dengan volume yang sedikit dan frekuensi yang jarang
    Pada umumnya siklus menstruasi akan kembali seperti menstruasi awal sebelum anda memakai metode KB hormonal. Akan tetapi pada sebagian wainita akan memiliki masalah menstruasi sehabis melepas KB karena dibutuhkan beberapa waktu untuk menstabilkan hormon dalam tubuhnya sehingga siklus menstruasi akan berubah menjadi siklus menstruasi yang normal. Namun, untuk memastikan keadaan yang anda alami sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dapat dilakukan pemeriksaan seperti pemeriksaan darah dan pemeriksaan USG untuk melihat keadaan rahim anda. Jika dokter sudah dapat mendiagnosis keadaan yang anda alami maka dokter dapat memberikan pengobatan yang sesuai. Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Mewaspadai menstruasi yang tidak normal Mens tidak berhenti setelah pil KB Semoga membantu dr. Yosephine U L Simanungkalit