Tanya Dokter

  • Penyebab darah haid keluar deras dan berwarna hitam

  •  nokeee
    Anggota
    Mau tanya dokter, umur 25 tahun terakhir berhubungan bulan februari. Sudah 10hari menstruasi gak berhenti ya dok, pas hari 1-5 mens warna hitam tp tdk banyak banget terus hari 6-sekarang muncul darah segar tetapi tdk banyak. Itu knp ya dok.

    Halo,

     

    Menstruasi adalah hal normal dialami oleh setiap wanita yang sedang berada dalam masa reproduksi. Menstruasi akan muncul pertama kali menjelang usia pubertas (bervariasi pada setiap wanita) dan akan berakhir pada masa menopause. Menstruasi selalu dipengaruhi oleh hormon estrogen-progesteron/hormon wanita. Bila terjadi pembuahan sel telur dan sel sperma, proses menstruasi tidak akan terjadi dan diganti dengan proses kehamilan. Namun, bila tidak ada sel sperma yang membuahi sel telur di dalam rahim, terjadilah suatu proses yang kita sebut menstruasi. Lama menstruasi pada setiap wanita tidak sama, rata-rata berlangsung setiap 4 minggu sekali dengan lama menstruasi berkisar antara 3 - 7 hari. Bila menstruasi berlangsung lebih dari 7 hari, kita namakan dengan menorrhagia, di sini ditemukan jumlah perdarahan menstruasi lebih banyak dibanding biasanya dan bisa kita tentukan dengan berapa banyak jumlah pembalut yang Anda ganti setiap hari saat menstruasi.

    Menorrhagia sendiri merupakan hal yang tidak perlu dikhawatirkan, pada periode siklus menstruasi tertentu wanita akan mengalami hal ini, dan ini merupakan variasi normal dari siklus menstruasi. Menorrhagia  paling sering disebakan oleh gangguan hormon kewanitaan (estrogen) dan dapat berubah bervariasi sepanjang waktu, perubahan hormon kewanitaan ini dapat disebabkan oleh berbagai hal antara lain :

    - stress

    - kurang istirahat

    - merokok dan akohol

    - kurang olahraga

    - banyak mengonsumsi bahan makanan estrogen tinggi ( produk keledai )

    - penyakit patologis (tumor rahim, infeksi rahim)

    Yang perlu Anda lakukan bila mengalami menstruasi yang lebih panjang dari biasanya (menorrhagia) adalah memantau siklus menstruasi Anda dalam beberapa bulan berikutnya. Bila lama siklus menstruasi Anda kembali normal, hal ini tidak perlu dikhawatirkan, ini merupakan variasi normal siklus menstruasi Anda. Namun bila Anda mengalami siklus menstruasi yang berlangsung lama dan terus-menerus dalam beberapa bulan ke depan, Anda harus segera mengonsultasikannya dengan dokter spesialis kandungan. Perlu dilakukan pemeriksaan USG rahim untuk mengetahui penyebab penyakit lebih lanjut.

    Mentruasi yang berlangsung lama secara terus-menerus dapat berakibat buruk bagi kesehatan Anda, antara lain: gampang mengantuk, mudah lelah, kurang konsentrasi yang diakibatkan kekurangan darah dari tubuh atau dalam istilah kedokteran disebut anemia. Ada beberapa cara untuk mencegah anemia antara lain:

    - minum suplemen Fe (zat besi)/suplemen penambah darah

    - kurangi konsumsi alkohol dan rokok

    - konsumsi makan tinggi Fe (zat besi): produk daging, ikan, buah, sayur

    - istirahat cukup

    - olahraga teratur

    Demikianlah infomasi yang dapat kami berikan. 

    Semoga bermanfaat,

    dr. Mira