Tanya Dokter

  • Mensturasi setelah ganti KB

  • Ass dok,,mv ne ggu waktu nya,,, Dok sy lg mensturasi tp sdh 9 hari blm slsy juga kira" ap itu gx ap"??,,,masalah nya sy dlu suntik kb yg 3bln 1x,,,dan selama kurang lbh 4th sy blm haid lg,,dn sy memutus kn untk ganti kb yg 1bln 1x dn stlah 1 bln sy haid tp sdh 9 hari blm slsy juga,,,,tlg dok sy minta pnjelasan nya,,,makasih,,,

    Hai, Menstruasi secara normal terjadi secara siklik setiap 21-35 hari, dan lamanya berkisar antara 2-7 hari. Menstruasi yang berlangsung lebih dari 7 hari tergolong tidak normal, dan dapat disebut sebagai menorrhagia (menstruasi yang berkepanjangan). Salah satu efek samping dari penggunaan KB suntik 1 bulan adalah perdarahan (menstruasi berkepanjangan) atau sebaliknya menstruasi menjadi tidak lancar/berhenti. Keluhan perdarahan yang Anda alami saat ini kemungkinan merupakan efek samping dari penggunaan KB suntik. Selain itu efek samping lain yang mungkin timbul adalah sakit kepala, nyeri pada payudara, dan kenaikan berat badan. Namun demikian, menstruasi berkepanjangan dapat pula diakibatkan oleh penyebab lain berikut ini:

    Untuk memastikan penyebabnya sebaiknya Anda memeriksakan diri ke Dokter. Selain pemeriksaan fisik Dokter akan menganjurkan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan seperti USG, tes darah, dan lainnya. Penanganan yang tepat akan diberikan sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Berikut laman artikel yang dapat berguna bagi Anda: Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman

    Dewi Wulandari  Dewi Wulandari
    Anggota

    Mksh banyak ya dok atas informasi nya,,,smga az ni cuma karna efek samping dari suntik KB,,,krn bbrpa hari sblm sy haid sy mengalami sakit payudarah,,,,,tp alhmdlh skrg pndarahn nya sudah mulai hilang,,, Mksh dokter Wasalam,,,,