Tanya Dokter

  • Keluar flek coklat setelah selesai menstruasi

  •  Niapermata
    Anggota
    Siang dok saya nia 24 th , dok saya mau bertanya baru saja saya slese haid hari sabtu lalu, sekarang haid lagi muncul darah kecoklatan, sblmnya saya haid jumat 2 minggu lalu dan slese sabtu lalu 8 hari dan darah keluar juga merah agak kecoklat coklatan , dan hari ini darah coklat itu keluar lagi, itu disebabkan kenapa ya dok? Mohon penjelasannyaa terima kasihh

    Halo Nia, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Adanya flek cokelat yang Anda keluhankan dapat disebabkan oleh berbagai kondisi. Beberapa hal yang dapat dipikirkan adalah sebagai berikut: 

    1. Adanya pengaruh hormonal pasca menstruasi. Kondisi ini wajar terjadi selama flek kecokelatan tidak terlalu banyak dan tidak disertai dengan rasa nyeri. 
    2. Adanya keputihan akibat iritasi pada saluran reproduksi. Pasca menstrusi sangat rentan terjadi infeksi atau iritasi pada saluran reproduksi terutama vagina. Keputihan yang tidak normal dapat berupa cairan yang kuning, hijau, putih susu atau kecokelatan. Namu, keputihan yang tidak normal kadang disertai dengan adanya bau yang tidak sedap, rasa gatal ataupun rsa perih. Kondisi ini tergantung dari kuman penyebabnya. 
    3. Adanya peradangan pada saluran reproduksi bagian atas. Misalnya adanya perangan panggul. Nyeri punggung merupakan keluhan yang dapat muncul pada kondisi ini. 
    4. Adanya kondisi fisk yang tidak fit misalnya kelelahan atau adanya stres atau tekanan psikologis tertentu
    5. Kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh. 
    6. Adanya kondisi luka minimal pada saat berhubungan seksual. 

    Pada kasus Anda dimana terjadi setelah terjadinya menstruasi maka kemungkinan besar adalah pengaruh ketidakseimbangan hormonal pasca menstruasi. Namun, kemungkinan yang lain masih sangat perlu dipertimbangkan. Jika kondisi Anda tidak membaik bahkan memburuk maka disarankan untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan langsung dengan dokter kebidanan agar dapat dicari penyebab dari keluhan Anda saat ini. Dengan demikian dapat dilakukan penanganan yang sesuai dan mencegah terjadinya komplikasi. 

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

     

    Salam, dr. Tiwi