Tanya Dokter

  • mentruasi setelah suntik kb 3bulan .

  • dok saya ibu baru ank saya usia 2bulan. tgl14 juli kmren saya suntik kb 3 bulan. seminggu pertama saya gak menstruasi, setelahnya flek² aj slama 2hari, lalu menstruasi terus menerus smpai hampir 2minggu ini dok... darahnya pun deras.. itu normal ato saya harus priksa ya dok.. mohon infonya.. terimakasih sebelumnya.

    Vivi Anggraeni  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Ibu Vivi, Salah satu keuntungan penggunaan Kb suntik 3 bulanan adalah aman diberikan pada ibu menyusui, sayangnya KB ini memang memiliki beberapa kelemahan :

    • Sering ditemukan gangguan pola menstruasi, akseptor biasanya dapat tidak haid sama sekali, atau kadang ditengah tidak haid itu muncul perdarahan sedikit/bercak (spotting), dan terkadang dapat muncul perdarahan yang banyak dan memanjang.
    • penambahan berat badan
    • lambatnya kembalinya kesuburan (hingga setahun) setelah kontrasepsi dihentikan
    Jika anda hanya mengalami flek-flek saja meski lama, hal itu normal dan dapat diterima jika mengenakan Kb suntik 3 bulan. Tetapi jika perdarahannya banyak, yakni lebih dari 8 hari dan 2 kali lipat erdarahan biasa hal itu biasa ditemukan pada bulan pertama penyuntikan, Tetapi jika bulan -bulan berikutnya masih terjadi hal itu maka anda perlu mengunjungi bidan/dokter untuk mencari kemungkinan penyebab lain perdarahan tersebut. Jika tidak dan anda tidak dapat mentolerasi perdarahan yang banyak tersebut sebaiknya mengganti ke kontrasepsi lain. Jika perdarahan banyak, anda perlu siplementasi zat besi untuk mencegah anemia. memilih alat kontrasepsi