Tanya Dokter

  • Menunda kehamilan dan konsumsi pil KB kombinasi

  •  Feniika
    Anggota
    Dok, saya wanita usia 27th, saya baru mau menikah dan ingin menunda kehamilan. Kalau misal saya minum pil kb kombinasi gimana? Apa nanti akan ada masalah kedepannya, kan banyak rumor yg bilang kalau minum pil kb saat belum pernah punya anak akan menyebabkan rahim kering atau masalah yang lain. Terimakasih

    Hai Feniika,

    Pil KB merupakan metode kontrasepsi hormonal yang memiliki efektivitas tinggi hingga 99% dalam mencegah kehamilan. Selain dapat mencegah kehamilan, pil KB juga dapat membantu siklus menstruasi lebih teratur dan memiliki efek proteksi terhadap penyakit radang panggul, endometriosis, atau kanker ovarium.

    Di masyarakat memang banyak beredar anggapan bahwa penggunaan pil KB dapat menyebabkan kesulitan untuk punya anak hingga rahim kering. Sebenarnya hal tersebut merupakan mitos yang tidak benar. Pil KB tidak menyebabkan efek jangka panjang terkait dengan gangguan kesuburan wanita. Penelitian menunjukkan bahwa kondisi kesuburan wanita yang mengonsumsi pil KB tidak berbeda dengan wanita yang tidak pernah mengonsumsi pil KB sama sekali. Setelah penghentian pil KB umumnya kesuburan wanita bisa kembali dalam hitungan minggu hingga bulan.

    Namun memang ada beberapa efek samping yang dapat timbul akibat penggunaan pil KB yaitu:

    • Sakit kepala
    • Mual
    • Perdarahan di luar masa menstruasi
    • Peningkatan berat badan
    • Penurunan gairah seks
    • Darah lebih mudah membeku


    Jika ada keraguan mengenai pilihan kontrasepsi yang tepat bagi Anda, maka tidak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan. Diskusikan dengan dokter mengenai dampak dan manfaat penggunaan kontrasepsi, khususnya pil KB, sehingga Anda dapat memilih metode kontrasepsi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Informasi berikut ini dapat berguna:

    Sulit hamil setelah berhenti memakai pil KB?

    Efek samping pil KB

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman