Tanya Dokter

  • Mengatasi kulit kepala yang mengelupas

  • Hai.dok di kulit kepala seami say terdapat kulit yang mengelupas seperti ketombe dalam jumlah yang banyak sampai mejalar ke dahi dan leher bagian belakang telinga jika di kulit kepala dan wajahnya di cuci akibatnya kulit mengelupas itu menjadi sangat kering,walau hanya di sisir kulit kepalanya mengelupas banyak sampai berjatuhan,tidak ada gejala gatal hanya saja kulitnya mengelupas begitu saja umurnya 25 tahun dulu dia sering minum alkohol tapi sekarang sudah tidak

    Salam,

    Dari info yang Anda sampaikan, keluhan ini kemungkinan dapat disebabkan oleh infeksi jamur pada kulit kepala dan menyebar disekitar kulit wajah, dan hal ini dapat juga menyebar sampai ke alis, janggut ataupun daerah leher. Beberapa keluhan penyerta dapat berupa gatal, rambut tampak berketombe, kulit kepala kering, dan bila masih fase awal dapat ditemukan adanya kemerahan sekitar daerah yang gatal. Namun, hal ini perlu dipastikan dengan pemeriksaan oleh dokter sehingga dapat dilakukan pengobatan sedini mungkin.

    Beberapa kondisi di bawah ini, dapat juga menyebabkan keluhan yang sama, seperti:
    1. dermatitis kontak atau radang kulit akibat iritasi, seperti akibat penggunaan semir rambut

    2. alergi

    3. psoriasis atau penyakit gangguan sistem imun pada kulit dan sendi

    4. radang akar rambut

    Dengan melakukan pemeriksaan langsung ke dokter spesialis kulit atau dokter keluarga Anda, maka keluhan pasien dapat dipastikan oleh dokter. Dokter dapat melakukan pemeriksaan penunjang untuk mendukung diagnosa, seperti pemeriksaan kerokan kulit.

    Pengobatan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Yang perlu dilakukan oleh pasien adalah menghindari penggunaan topi sampai sembuh, dan hindari penggunaan sampo yang berganti-ganti merk.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga diskusi.

    dr. Ulfi