Tanya Dokter

  • menyusui saat hamil

  • Hallo dokter.. SeLamat Petang.. saya mau tanya dok.. Istri saya saat ini sedang hamil skitar usia kandungan 1 bln tetapi saya jg punya anak usia skitar 19 bln masih minum ASI eksklusif.. Yang mau saya tanyakan dok.. Kira2 bahaya gak klo posisi sedang hamil tp masih memberi ASI..?? Apakah bahaya jg sama janin yg dikandungan istri saya..?? Mohon bantuan dokter.. Trima kasih dok..

    Halo, ASI Ekslusif adalah Pemberian ASI saja saat bayi lahir hingga usia 6 bulan tanpa diberikan cairan atau makanan apapun.

    • Apakah anak Anda tidak mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI), mengingat usianya sudah lebih dari 6 bulan?
    Memberikan ASI saat kehamilan atau yang disebut dengan Tandem Nursing menurut penelitian medis dan agama merupakan hal yang relatif aman asalkan tetap memperhatikan kondisi kesehatan ibu, bayi dan juga janin yang dikandung. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat tandem nursing antara lain :
    • Asupan gizi. Ibu hamil dan menyusui membutuhkan asupan gizi yang sama banyaknya sehingga harus meningkatkan konsumsi karbohidrat, protein, kalsium dan juga kebutuhan vitamin. Istri Anda dapat mengkonsumsi makanan alami yang dapat ditambah dengan suplemen.
    • Memperbanyak minum air putih karena kekurangan cairan dapat berdampak buruk pada janin maupun ibu yang sedang hamil.
    • Menyusui dapat menyebabkan kontraksi pada rahim. Pada saat menyusui tubuh akan memproduksi hormon oksitosin yang memicu timbulnya kontraksi pada payudara dan rahim pada umumnya tidak terlalu berdampak besar hingga mengakibatkan kegururan, tetapi jika istri Anda mempunyai riwayat keguguran sebelumnya maka perlu lebih diperhatikan kondisi kesehatannya.
    • Produksi ASI yang berkurang hal ini disebabkan oleh karena peningkatan hormon estrogen sehingga ASI menjadi berubah hingga berkurang.
    • Faktor fisik dan psikis ibu. Ibu hamil biasanya akan merasa cepat lelah belum lagi mengalami mual (morning sickness) dan juga ketidaknyamanan lain selama kehamilan yang perlu diperhatikan.
    Ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk janin yang dikandungnya dan dengan menyusui secara bersamaan juga akan mengeluarkan energi. Selama energi dan nutrisi yang keluar masuk seimbang maka menyusui saat hamil tidak akan menjadi masalah. Anda dan istri dapat melakukan diskusi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk dapat mengambil keputusan tetap memberikan ASI atau mulai memberikan susu formula pada anak Anda dan rutin lakukan kontrol untuk melihat perkembangan janin. Mengingat usia anak Anda sudah lebih dari 6 bulan maka sudah dapat diberikan makanan pendamping ASI, diskusikan dengan dokter spesialis anak untuk pemberian makanan pendamping yang tepat. Semoga membantu, dr. Rievia

    Sebagai tambahan Anda dapat membaca artikel berikut : Makanan sehat untuk ibu hamil Makanan ibu menyusui Terima kasih

    Oo..iya dok.. Anak udah pke pndamping asi.. Cm untuk Susu formula belum.. Sempat nyoba beberapa tp hasil'y anak saya justru BAB encer ( mencret ).. paling cm air putih & teh aja.. klo istri susah makan.. mual parah buat makan.. untuk minum lumayan banyak.. Trima kasih atas solusi'y dok.. Sangat bermanfaat buat kami..

    Halo, Disarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis anak untuk mendapatkan solusi terbaik ttg pemberian susu pada anak Anda dan untuk melihat apakah ada kemungkinan alergi terhadap susu sapi,sehingga anak Anda mendapatkan penanganan yang tepat. Jika istri mual hebat dan sulit untuk makan sebaiknya hentikan dulu memberikan ASI ke anak karena akan menyebabkan janin yang di kandung dan ibu kekuarangan nutrisi. Terima kasih