Tanya Dokter

  • Apa remaja bisa kurus dengan sendirinya?

  •  Aina
    Anggota

    Hallo dok..nama saya Aina saya baru remaja umur 13 tahun.Berat badan saya 50kg dan saya merasa badan saya gendut dan saya jg gak terlalu tinggi juga. Dan saya mau tanya apakah Remaja seumuran saya bisa kurus dgn sendirinya di usia 17 keatas? Atau saya jga harus melakukan diet jga? Mkasih sebelumny.

    Hai,   Tidak, Kelebihan berat badan tidak akan menghilang dengan sendirinya tanpa intervensi dari dalam diri sendiri dengan mengatur pola makan ( Kalori ) dan meningkatkan pengeluaran Energi. Untuk mengetahui apakah klasifikasi berat badan Anda maka silahkan melakukan penghitungan Indeks Massa Tubuh di SINI. Dengan mengetahui Indeks Massa Tubuh (IMT) Anda maka Anda bisa mengetahui apakah Anda mengalami obesitas / tidak. Obesitas merupakan permasalahan yang bisa menyerang segala tingkatan umur ( termasuk bayi dan anak-anak) , dan penanganan terbaik adalah dengan menjaga asupan kalori dan meningkatkan pembakaran Energi. ( Baca artikel mengenai mendampingi anak dengan obesitas di SINI ) Menjaga asupan makanan disini adalah melakukan diet/ pola makan 4 sehat dengan porsi sesuai kebutuhan energi dan metabolisme seseorang. (Baca artikel mengenai diet sehat atau diet cepat di SINI.) Efek Negatif obesitas pada Anak -anak adalah :

    1. Mudah terserang diabetes dan Hipertensi pada usia tua
    2. Mudah terserang kolesterol tinggi
    3. Mengalami pubertas dini ( menstruasi lebih cepat dari anak seumuran)
    4. Timbul gangguan pada tulang
    5. Mudah terkena perlemakan liver
    6. Bisa menimbulkan minder dan depresi
    7. Gangguan prilaku
    8. dll
    Jika Anda mengalami obesitas, maka Anda sudah mulai bisa mengubah pola makan dan pola hidup Anda agar tidak bertambah berat dan hidup dengan lebih sehat. Adapun tips yang bisa Anda lakukan adalah :
    1. Pastikan menu mengandung 4 sehat (karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral). Karena Anda masih dalam usia pertumbuhan ( 0-20 tahun) maka sebaiknya diet Anda tetap memiliki kandungan sehat untuk proses pertumbuhan Anda.
    2. Jangan lupakan sarapan sehat Anda.
    3. Minum air putih
    4. Hindari minuman bersoda / mengandung gula tinggi.
    5. Berolahraga. Olahraga baik untuk proses pertumbuhan Anda dan juga turut membakar kelebihan energi yang ada pada tubuh. Berolahragalah setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.
    6. Perbanyak buah dan sayuran
    7. Hindari makan sambil menonton TV
    8. Istirahat cukup ( 8-9 jam sehari)
    Tidak usah khawatir dengan kondisi tubuh Anda, karena Anda masih dalam masa pertumbuhan maka dengan pola hidup sehat berat badan ideal bisa Anda capai dengan niat dan konsisten.   Semoga membantu.   dr. Yusi