Tanya Dokter

  • Tidak bergairah saat beraktifitas, apakah depresi?

  •  Watashiwama
    Anggota
    Saya remaja perempuan umur 15. Dok, saya dr sekitar 5 hr yg lalu saya merasa badan tidak ada tenaga.. Rasanya pengen tiduran terus, kemudian gaada interest ke apapun.. Bahkan akhir2 ini, saya minum obat tanpa sebab. Walaupun baru sekali.. Kemudian, baru2 ini juga berpikir suicidal thoughts.. Ini gimana ya dok..
    Watashiwama  Watashiwama
    Anggota
    Bahkan saya rasa laparnya menurun..

    Hai Watashiwama. Terima kasih atas pertanyaan anda.

    Keluhan anda yang berupa kehilangan tenaga, kehilangan minat, bahkan sampai berpikir bunuh diri menandakan kesehatan mental anda sedang terganggu. Hal seperti ini bisa terjadi karena depresi, gangguan mood, bopilar, dll. 

    Depresi  sendiri merupakan suatu keadaan dimana adanya perubahan mood yang menurun selama 2 minggu atau lebih yang ditandai dengan perasaan tidak bersemangat, merasa tidak berguna, sedih, merasa tidak berguna. Apalagi jika anda sudah berpikir ataupun bertindak menyakiti diri sendiri maupun orang lain menandakan anda membutuhkan bantuan orang lain. eberapa hal yang bisa menjadi faktor resiko dari depresi adalah konsumsi alkohol berlebihan, penggunaan obat-obatan tertentu, riwayat keluarga depresi, serta adanya kejadian yang mendahului. Untuk itu sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kejiwaan untuk mendapatkan menentukan diagnosa dan penanganan yang paling tepat, apakah hanya perluterapi psikis seperti berbicara dll ataukah memang memerlukan obat-obatan. Selain itu cobalah bantu diri anda dengan mencari teman cerita yang anda percayai, cobalah untuk selalu berpikir positif, dan sibukkan diri anda dengan kegiatan positif.

    Semoga bermanfaat. 

    Salam, dr. Dian