Tanya Dokter

  • Penyebab perasaan takut pada keramaian

  •  Fadhilah321
    Anggota
    Setiap keluar rumah dan bertemu orang banyak saya selalu merasa panik, takut, dan tidak nyaman. saya tidak bisa berpikir jernih seperti orang linglung. Kadang napas sesak dan jantung berdebar tidak karuan. Hal itu semakin parah ketika saya berbicara dgn orang, sehingga saya tidak bisa berkomunikasi dengan baik. Padahal prestasi akdemis bisa dibilang baik. Saat terlalu panik, saya cenderung tidak bisa mengingat dgn jelas kejadian saat itu. Apa itu tanda tanda masalah kejiwaan? Apakah saya butuh berkonsultasi ke dokter?

    Halo Fadhilah,

    Terimakasih atas pertanyaanya di Alodokter. Rasa takut akan keramaian yang berlebihan tersebut merupakan salah satu gangguan dari kecemasan. Gejala seperti ini bisa pertanda kalau Anda mengalami fobia.

    Fobia kita ketahui merupakan salah satu gangguan kecemasan yang ditandai dengan rasa takut yang berlebih terhadap kondisi, situasi, atau benda tertentu. Bentuk fobia ada berbagai macam, mulai dari agora fobia, fobia sosial, serta fobia spesifik.

    Jika diperhatikan dari beberapa gejala diatas, kemungkinan Anda mengalami agorafobia. Agorafobia merupakan suatu kondisi dimana terjadi suatu rasa ketakutan atau kecemasan berlebih ketika berada dilingkungan luar yang ramai. Gejalanya memang tidak jauh berbeda dari fobia yang lain, seperti jantung terasa berdebar, sesak, keringat, tidak tenang, dsb.

    Untuk mendiagnosis suatu kondisi psikis, sebatas keluhan yang Anda sampaikan saja belum cukup untuk memastikannya. Dibutuhkan pemeriksaan yang lebih mendalam lagi melalui anamnesis/wawancara terkait keluhan. Untuk itu, disarankan bagi Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis kejiwaan atau psikiater untuk memastikan keluhan yang Anda alami. Penanganan akan disesuaikan berdasarkan hasil pemeriksaan. Jika benar Anda dinyatakan fobia, tentu terapi yang diberikan bisa berupa terapi obat atau terapi perilaku kognitif, yang akan disesuaikan dengan kondisi Anda.

    Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat.

    salam,

    dr. yuniar