Tanya Dokter

  • Merasakan lelah setelah mengonsumsi lansoprazole

  • Selamat Sore Dokter.

    Saya mengidam penyakit di lambung (Maag) sudah 6 bulan yang lalu. Hari rabu kemarin saya berobat di rumah sakit dan akhirnya dokter memberikan saya resep lansoprazole yang dosisnya 1x1.

    setelah meminum lansoprazole 3-4 jam saya merasa sangat lelah dokter, terutama pada saat baru bangun tidur terasa sangat lelah sampai-sampai tidak kuat untuk bangun. Begitupula ketika saya duduk terlalu lama kemudian berdiri, kepala saya sangat berat dan oleng.

    Apakah ini pengaruh obatnya ? dan apa yang harus saya konsumsi agar tidak lelah lagi oleng lagi ?. Mohon bantuannya Dokter

     

    Terima kasih.

    Abu Abdirrahman  Abu Abdirrahman
    Anggota

    Abu Abdirrahman January 18, 2015 at 4:20 pm Selamat Sore Dokter. Saya mengidam penyakit di lambung (Maag) sudah 6 bulan yang lalu. Hari rabu kemarin saya berobat di rumah sakit dan akhirnya dokter memberikan saya resep lansoprazole yang dosisnya 1×1. setelah meminum lansoprazole 3-4 jam saya merasa sangat lelah dokter, terutama pada saat baru bangun tidur terasa sangat lelah sampai-sampai tidak kuat untuk bangun. Begitupula ketika saya duduk terlalu lama kemudian berdiri, kepala saya sangat berat dan oleng. Apakah ini pengaruh obatnya ? dan apa yang harus saya konsumsi agar tidak lelah dan oleng lagi ?. Mohon bantuannya Dokter   Terima kasih.
     

    Hai, Lansoprazol merupakan obat yang termasuk dalam golongan penghambat pompa proton. Lanzoprazol berfungsi untuk meredakan gejala naiknya asam lambung. Disarankan untuk mengkonsumsi obat ini 30 menit sebelum makan, sehingga penyerapannya maksimal. Telan kapsul secara utuh, jangan dibuka atau dikunyah. Respons obat yang diminum pada masing-masing individu dapat berbeda. Selain memiliki manfaat, obat juga berpotensi menimbulkan efek samping. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi, walaupun jarang diantaranya adalah:

    • kembung, mual
    • diare
    • konstipasi
    • pusing / sakit kepala
    • kadar besi darah rendah
    Usahakan untuk memiliki waktu istirahat cukup, pola makan teratur, konsumsi makanan yang tidak menimbulkan iritasi pada saluran pencernaan seperti pedas dan asam, dan minum air mineral cukup. Jika keluhan masih berlanjut, sebaiknya Anda berkonsultasi kembali ke dokter. Sehingga dokter dapat melakukan evaluasi terhadap keluhan Anda, melakukan pemeriksaan fisik dan memberikan jenis obat yang tepat untuk Anda. Halaman berikut membahas lebih detail tentang lansoprazol: http://www.alodokter.com/lansoprazole   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto