Tanya Dokter

  • Tips menghilangkan bekas luka kehitaman pada kaki

  • Selamat Siang dokter... Dok,apakah benar luluran setiap hari dapat membuat kulit menjadi putih? Misalkan luluran dengan bahan bahan Alami seperti Bengkoang, Tomat atau buahan lainnya yang mengandung baik untuk kulit. Dan Bagaimana ya dokter untuk menghilangkan bekas luka menghitam pada kulit kaki akibat jatuh dengan bahan Alami selain menggunakan cream. Terima kasih sebelumnya dokter
    Indah Sekar Sari  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Indah,

    Ada beberapa bahan alami yang bisa mencerahkan kulit yang bisa Anda gunakan, diantaranya yaitu lemon, jeruk nipis, minyak zaitun, kunyit, yogurt, madu, kentang, lidah buaya, dan pepaya. Namun perlu diingat bahwa penggunaan bahan alami memang lebih aman tetapi membutuhkan waktu yang lebih lama agar tampak hasilnya. Selain itu bahan alami tidak bisa memutihkan kulit melebihi warna asli kulit Anda (kulit yang tidak pernah terpapar matahari, misalnya kulit perut atau dada, itulah warna asli kulit Anda). Bahan alami bisa mencerahkan kulit sehingga tidak tampak kusam dan bisa terlihat lebih sehat. Kulit cerah dan sehat tidak selalu berarti kulit putih ya.

    Untuk membantu memudarkan bekas luka kehitaman, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

    • Gunakan bahan alami di atas untuk membantu mencerahkan bekas luka
    • Gunakan lotion yang mengandung pencerah dan vitamin E
    • Lakukan scrub badan / lulur secara rutin
    • Hindarkan daerah bekas luka dari paparan sinar matahari berlebih
    • Gunakan lotion yang mengandung sunscreen

    Apabila Anda ingin hasil yang lebih cepat, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit supaya bisa diberikan penanganan yang maksimal misalnya dengan laser, chemical peeling, dermabrasi, dan pemberian krim khusus.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Menghilangkan bekas luka
    Mencerahkan kulit dengan cara alami

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y