Tanya Dokter

  • Cara mengatasi ketombe

  • Dok Saya mau tanya, bagaimana caranya untuk mengetahui shampo yang cocok untuk kulit kepala? Dan kenapa ketombe atau koreng sulit di hilangkan? Bahkan pada rambut/kulit kepala saat disisir atau ditapikan terasa sakit? Terima kasih.

    Halo Anan.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Jika kita fokuskan kepada gangguan kesehatan kulit kepala yang Anda alami berupa ketombe, dimana hal ini memang tidak berbahaya dan tidak menular, akan tetapi dapat sangat mengganggu dan menurunkan rasa percaya diri.

    Ketombe sendiri merupakan suatu gangguan kesehatan kulit yang terjadi pada kulit kepala, ditandai dengan adanya pengelupasan kulit dan Serpihan berwarna putih pada kulit kepala. Hal ini dapat menyebabkan kulit kepala Anda bersisik dan terasa gatal.

    Berikut ini beberapa hal yang dapat menimbulkan ketombe, diantaranya adalah :

    • Iritasi dan kulit berminyak, atau dikenal sebagai dermatitis seboroik.
    • Jamur malassezia yang mengiritasi kulit kepala.
    • Kulit kepala yang kering.
    • Jarang keramas sehingga minyak dan sel kulit mati menumpuk.
    • Sensitif terhadap bahan - bahan dalam produk perawatan rambut.
    • Eksim, psoriasis, dan reaksi alergi yang diduga berpengaruh pada ketombe.

     

    Pengobatan untuk ketombe tergantung dari penyebabnya. Obatnya Tom yang dapat digunakan salah satunya adalah yang menggunakan shampo anti ketombe sebagai perawatan pada rambut dan kulit kepala. Sampe ini dapat dimanfaatkan untuk mengurangi minyak dan penumpukan sel kulit.

    Anda dapat menggunakan shampo setiap hari hingga ketombe hilang. Selanjutnya penggunaan dapat dikurangi frekuensinya menjadi dua atau tiga kali dalam seminggu.

    Jika muncul reaksi gatal, ruam, dan bentol pada kulit kepala setelah menggunakan salah satu jenis produk, Anda perlu berhenti menggunakannya. Itu berarti Anda mungkin tidak cocok dengan produk tersebut. Anda dapat mencoba beberapa jenis sampo, hingga menemukan yang cocok.

    Berikut ini beberapa kandungan shampo anti ketombe yang efektif, diantaranya adalah : zinc pyrithione, asam salisiat, selenium sulfida, sampo berbahan tar, ketoconazole. Akan tetapi jika setelah menggunakan semua jenis shampo, ketombe masih saja terjadi, dan sudah mengganggu aktifitas sehari - hari, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit kulit agar dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    KETOMBE

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati