Tanya Dokter

  • Merencanakan kehamilan

  • Siang dok?saya seorang IRT usia 39th.kami ingin sekali memiliki momongan.kapankah masa subur yg tepat utk saya&suami?dibawah ini adalah tgl haid pertama saya sejak bulan july hingga nov: 23july,18agust,14sept,12okt,08 nov 2017.mohon penjelasannya terimakasih

    Hai,

    Masa subur merupakan suatu periode menjelang dan sesudah pelepasan sel telur (ovulasi) terjadi. Ovulasi terjadi sekitar 14 hari sebelum haid berikutnya datang, dan masa subur dapat ditaksir dengan menambah dan mengurangi tanggal tersebut sebanyak 3 hari. Misalnya, siklus haid terjadi setiap 28 hari sekali secara teratur, maka ovulasi diperkirakan akan terjadi pada hari ke-14 dan karena itu masa suburnya ialah pada hari ke-11 sampai dengan hari ke-17 setelah menstruasi hari pertama. Ada juga cara menghitung cara subur yang lain (simak artikel berikut tentang menghitung masa subur).

    Jika siklus haidnya tidak teratur, maka masa subur akan sulit diprediksi -- di samping itu, mereka yang memiliki siklus haid yang tidak teratur cenderung juga memiliki gangguan kesuburan dan karena itu pemeriksaan oleh Dokter / Ahli Kandungan (Sp. OG) diperlukan untuk menentukan lebih lanjut penyebab ketidakteraturan haid.

    Berhubungan di masa subur memang dapat meningkatkan kemungkinan untuk hamil, namun tidak berarti bahwa 100% pasti akan hamil karena terdapat berbagai faktor yang memengaruhi kesuburan, seperti usia ibu, kondisi sperma dan kesehatan organ kandungan ibu. Normalnya, sebanyak 80-85% pasangan akan memperoleh momongan dalam 1 tahun pertama pernikahan (dengan hubungan badan yang rutin dan tanpa kontrasepsi). Jika setelah 1 tahun kehamilan belum juga tercapai dengan syarat di atas, konsultasikanlah ke Dokter / Ahli Kandungan  di klinik kesuburan. Mungkin diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk kesuburan (seperti HSG dan analisa sperma) untuk menunjang diagnosis.

    Baca juga artikel menarik tentang merencanakan kehamilan

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma