Tanya Dokter

  • Meriang setiap seharian hujan

  • pagi dok.. dok kenapa ya setiap sore/malam seharian hujan badan saya suka meriang.. trus stlah dari kamar mandi pagi sama malam pasti udh nya suka bersin2.. gmna cara menanganinya dok? saya sdang menyusi soalnya.. ditunggu jwbannya makasii dok

    dok mohon di jawab yaa

    Hello, Apakah yang Anda maksudkan dengan meriang? Apakah demam atau kedinginan atau mengigil? Akibat yang paling buruk yang dapat ditimbulkan jika terkena hujan adalah hipotermia yang berarti suhu tubuh mengalami penurunan akibat kedinginan. Selain itu berada pada hujan yang terus menerus dapat memicu terjadinya penurunan daya tahan tubuh yang kemudian dapat mengantarkan pada banyak penyakit, antara lain :

    1. Infeksi saluran pernafasaan atas seperti influenza
    2. Infeksi saluran pernafasaan bawah seperti pneumonia
    3. Infeksi kulit
    4. Infeksi pencernaan
    5. dan lainnya
    Untuk lebih memastikan apakah Anda mengidap sebuah penyakit atau hanya kelelahan, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter dan dokter dapat melakukan pemeriksaan terkait keluhan yang Anda alami. Berikut adalah laman yang membahas mengenai hipotermia secara lebih mendalam : http://www.alodokter.com/hipotermia Bersin dapat terjadi sebagai salah satu mekanisme normal yang terjadi jika terdapat benda asing yang masuk ke dalam hidung atau jika berada pada kondisi yang dingin, sebagai kompensasi menjaga perputaran udara yang masuk ke dalam paru-paru agar tetap bersih dan hangat. Hal tersebut dapat terjadi pula sebagai suatu keadaaan yang abnormal sebagai reaksi alergi, peradangan, atau infeksi. Untuk lebih jelasnya Anda dapat memeriksakan ke dokter guna menjalankan pemeriksaan sebelum melakukan pengobatan. Berikut adalah laman yang membahas mengenai gejala pilek : http://www.alodokter.com/pilek Namun, hal yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari gejala yang Anda rasakan, antara lain:
    1. Hindari hujan
    2. Gunakan air hangat setiap kali mandi
    3. Hindari mandi terlalu pagi atau terlalu malam
    4. Gunakan pakaian yang hangat sebelum keluar dari kamar mandi
    5. Hindari udara dingin
    6. Hindari pula debu dan asap
    7. Istirahat yang cukup
    8. Minum air putih yang hangat yang banyak
    9. Konsumsi makanan yang mengandung sayuran dan buah-buahan
    Semoga dapat membantu. Salam, dr Henry Andrean