Tanya Dokter

  • Cara mengatasi batuk berdahak

  • sore dok saya daniel uia 30thn ingin bertanya, minggu lalu saya terkena batuk flu, dan sekarang batuk uda hampir sembuh, tinggal batuk berdahak. tapi dari kmaren hingga saat ini uda dua hari saya mengalami nyeri pada sendi, lutut bahkan ujung jari kuku disertai agak sedikit meriang, mata juga sedikit perih dah berair (kemaren pada saat hampir sembuh saya aktif merkok lagi). yg ingin saya tanyakan, saya sakit apa dok, bagaimana cara menanganinya, trima kasih..

    Daniel Calvary  Daniel Calvary
    Anggota

    dok, yang lain pertanyaannya kok cepat dibalas,, ini pertanyaan keluhan saya blum dibalas juga uda 1 jam. saya juga sakit nyeri leher dok. ini saya ulangi lagi pertanyaannya '' minggu lalu saya terkena batuk flu, dan sekarang batuk uda hampir sembuh, tinggal batuk berdahak. tapi dari kmaren hingga saat ini uda dua hari saya mengalami nyeri pada sendi, lutut bahkan ujung jari kuku disertai agak sedikit meriang, mata juga sedikit perih dah berair (kemaren pada saat hampir sembuh saya aktif merkok lagi). yg ingin saya tanyakan, saya sakit apa dok, bagaimana cara menanganinya, trima kasih..

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

     

    Dalam menjawab pertanyaan di Alodokter, tim dokter harus mencari informasi dan mengetik terlebih dahulu. Hal tersebut membutuhkan waktu sehingga kami harap anda bersabar. Anda tidak perlu khawatir karena kami akan menjawab pertanyaan anda.

     

    Terdapat beberapa kemungkinan penyebab Keluhan yang anda alami antara lain :

    -Penyakit Paru Obstruksi Kronis (PPOK) : gejalanya sesak, batuk lama (>1bulan), batuk berdarah, penyakit ini seringkali dikaitkan dengan perokok aktif maupun pasif.

    -Flek paru (Tuberkulosis/TB) : gejalanya batuk lama (>1bulan), Batuk berdarah, sesak, Demam, Berkeringat di malam hari, Penurunan berat badan drastis

    -Infeksi Saluran Pernasafan Akut (ISPA) : gejalanya batuk, nyeri tenggorokan, demam

    -Infeksi paru (Pneumonia) : gejalanya mirip dengan infeksi saluran nafas ditambah dengan sesak. Diperlukan pemeriksaan rontgen dada untuk melihat infeksi di paru-paru

    -Batuk karena reaksi alergi : Dapat berupa alergi makanan, debu, udara dingin, asap rokok, dan lainnya.

     

    Saya sarankan anda sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter spesialis paru dalam untuk mengetahui dengan pasti penyebab keluhan yang anda rasakan. 

    Dokter akan melakukan serangkaian wawancara dan pemeriksaan fisik, termasuk pemeriksaan darah,foto tontgen dada maupun pemeriksaan dahak.

    Dokter akan memberikan penanganan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

     

    Beberapa anjuran yang dapat anda lakukan untuk mengurangi keluhan :

    -Hindari merokok untuk sementara waktu

    -Hindari paparan debu, asap dan udara dingin

    -Makan sehat dan bergizi 3x sehari. Perbanyak sayur dan buah. Kurangi makanan yang digoreng/berminyak

    -Banyak minum air putih minimal 3 liter/hari. 

    -Minum air hangat untuk mengurangi rasa tidak nyaman di tenggorokan

    -Berisitirahat cukup minimal 8 jam/hari.

     

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Natalia